PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS VIII Di SMP NEGERI 13 SURABAYA
the Development of a class VIII student career Planning guide in SMP Negeri 13 Surabaya
Pengembangan buku panduan Perencanaan Karir ditujukan kepada siswa kelas VIII SMPN 13 Surabaya.Tugas perkembangan siswa SMP sebagai remaja awal seharusnya mampu mengekspresikan ragam pekerjaan, pendidikan dan aktivitas yang berkaitan dengan kemampuan diri. Salah satu tugas perkembangan yang harus dilaksanakan adalah merencanakan karir untuk masa depan. Namun, dalam merencanakan karir tidak semudah yang diharapkan, sebab pada usia ini remaja cenderung memiliki pemikiran yang berubah-ubah. Dengan adanya pedoman buku ini menjadikan siswa mampu merencanakan karir mereka.Untuk itu tujuan pengembangan buku panduan perencanaan karir ini adalah untuk membantu siswa dalam memahami arti perencanaan karir serta merencanakan karir.
Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan di SMPN 13 Surabaya. Dengan menyebarkan Instrumen Kebutuhan dan Masalah Siswa (IKMS) kepada 120 siswa didapatkan hasil bahwa siswa kelas VIII memiliki kebutuhan yang tinggi dan bersifat segera dalam pemilihan bidang karir. Adapun kebutuhan dan masalah belajar yang didapatkan dari hasil analisis IKMS yaitu: 1) Orientasi tentang jenis pekerjaan (20%), 2) Orientasi tentang sistem belajar perguruan tinggi (38%), 3) Orientasi tentang cara memasuki pada studi lanjut (34%), 4) Informasi jenis pekerjaan yang prospek dengan masa depan (50%). Tingginya kebutuhan akan informasi tersebut, artinya siswa belum memiliki pemahaman mengenai perncanaan karir.Untuk hasil uji materi dan uji media sebagai berikut, hasil uji media untuk buku guru mendapat presentase 82,70%, sedang untuk buku siswa mendapat presentase 84,62. Untuk hasil uji materi buku guru mendapat presentase 85,71 dan untuk buku siswa mendapat presentase 85,71. Dan dapat diambil kesimpulan buku panduan perencanaan karir tidap perlu direvisi.
Based on the result of research in 13 Junior High School Surabaya. Spreading the necessity instruments and problems students (IKMS) to 120 students, we found that 8th-grade students have higher necessity dan needed an immediate career. The necessities and learning problems obtained from IKMS analysis were: 1) The orientation of job types (20%), 2) The orientation of learning a system in college (38%), 3) The the orientation of entering the next level of education (34%), 4) The information about future prospects' jobs (50%). The high demand for the pieces of information meant that students have not understood enough about career planning.
The result of material test and media test were, the media test result for teacher’s book has 82,70% percentage and 84,62% the percentage for student’s book. The material test result for the teacher’s book has 85,71 percentage and 85,71% percentage for student’s book. That meant Career The planning guidebook did not need to be revised.