Penerapan Engineering Design Process (EDP) pada Materi Tekanan Zat untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP
Application Engineering Design Process (EDP) on Substance Pressure to Improve The Problem Solving Ability of Junior High School Students
Kemampuan siswa dalam memecahkan masalah merupakan salah satu kemampuan yang penting untuk menjadikan siswa unsur teknik dalam pendidikan sains menjadi aspek penting karena dapat mendukung siswa dalam proses pembelajaran dan penerapan sains sehingga siswa mampu untuk memecahkan permasalahan yang ada disekitarnya. Salah satu cara menerapkan unsur teknik dalam pembelajaran IPA yaitu dengan penggunaan EDP yang akan menjadikan peserta didik untuk dapat berkesempatan mengembangkan kemampuan pemecahan masalah dari suatu permasalahan di kehidupan sehari-hari pada siswa. Pembelajaran dengan menerapkan EDP memungkinkan siswa untuk bisa bereksperimen dan melakukan perbaikan dalam suasana pembelajaran yang menggembirakan dimulai dari mengajukan pertanyaan, memikirkan solusi, merencanakan, membuat prototipe, menguji coba prototipe,dan membuat perbaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) keterlaksanaan penerapan EDP pada materi tekanan zat terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP; (2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP melalui penerapan EDP pada materi tekanan zat; dan (3) respon siswa terhadap penerapan EDP pada materi tekanan zat. Penelitian ini menggunakan metode poor experimental dengan desain one-group pretest-posttest. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 30 Surabaya dengan sampel yang digunakan sebagai subjek penelitian yaitu kelas VIII C yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian mengenai keterlaksanaan penerapan EDP pada materi tekanan zat terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP yang disurvei secara langsung oleh dua orang pengamat menunjukkan rata-rata persentase oleh pengamat pertama sebesar 90% dan oleh pengamat kedua sebesar 94% dengan hubungan antar dua pengamat dalam mensurvei yaitu perfect agreement. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP pada materi tekanan zat melalui penerapan EDP didominasi oleh siswa pada kategori peningkatan sedang dengan persentase sebesar 61%, dan hasil uji t berpasangan menunjukkan nilai sig. 0,000 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa sebelum dan sesudah adanya proses pembelajaran dengan menerapkan EDP. Respon siswa terhadap penerapan EDP pada materi tekanan zat dalam sikap tanggung jawab dan sikap percaya diri terhadap kemampuan pemecahan masalah yang dimiliki siswa menunjukkan respon siswa sangat setuju dalam sikap tanggung jawab dan percaya diri terhadap kemampuan pemecahan masalah yang dimiliki siswa setelah kegiatan pembelajaran dengan menerapkan EDP.
Kata Kunci: Engineering Design Process, Kemampuan Pemecahan Masalah, Tekanan Zat
The ability of students to solve problems is an important ability to make students technical elements in science education an important aspect because it can support students in the process of learning and applying science so that students are able to solve problems around them. One way to apply technical elements in science learning is by using EDP which will enable students to have the opportunity to develop problem-solving skills from a problem in students' daily lives. Learning by applying EDP allows students to be able to experiment and make improvements in a fun learning atmosphere starting from asking questions, thinking of solutions, planning, making prototypes, testing prototypes, and making improvements. This study aims to describe (1) the implementation of the EDP on substance stress material to increase the problem solving abilities of junior high school students; (2) increasing the problem-solving abilities of junior high school students through the application of EDP on substance stress material; and (3) students' responses to the application of EDP in the substance stress material. This research uses the method poor experimental by design one-group pretest-posttest. This research was conducted at SMPN 30 Surabaya with the sample used as the research subject, namely class VIII C, which was selected by technique purposive sampling. The results of the study regarding the implementation of EDP in the material on substance stress on improving problem solving abilities of junior high school students who were directly surveyed by two observers showed that the average percentage by the first observer was 90% and by the second observer was 94% with the relationship between the two observers in the survey. That's a perfect agreement. The increase in the problem-solving ability of junior high school students in the matter of substance stress through the application of EDP was dominated by students in the moderate improvement category with a percentage of 61%, and the results of the paired t test showed a sig. 0.000, which means that there is a significant difference in improving students' problem-solving skills before and after the learning process by applying EDP. Students' responses to the application of EDP on substance stress material in an attitude of responsibility and confidence towards students' problem solving abilities show student responses strongly agree in an attitude of responsibility and confidence in their abilities. solving problems that students have after learning activities by applying EDP.
Keywords: Engineering Design Process, Ability Problem Solving, Substance Pressure