PENGEMBANGAN EBOOK PEMBELAJARAN MEMBACA UNTUK SISWA TK NADA ASHOBAH PADA MASA PANDEMI
DEVELOPMENT OF READING LEARNING EBOOK FOR TK NADA ASHOBAH STUDENTS DURING PANDEMI
Selama masa Pandemi Covid-19 KBTK Terpadu Nada Ashobah menghadapi tantangan yang sangat berat dalam melaksanakan pembelajaran terutama pembelajaran daring. Hal ini dikarenakan dalam pembelajaran di TK, siswa perlu pendampingan secara khusus dan intensif. Sedangkan Sebagian besar orang tua belum bisa menggantikan peran guru di rumah. Oleh karenanya inovasi pembelajaran menjadi bagian terpenting yang harus dikembangkan oleh guru, salah satunya adalah dalam menyiapkan bahan ajar yang praktis dan efisien. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses Pengembangan Ebook Pembelajaran Membaca untuk Siswa TK Nada Ashobah pada Masa Pandemi?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (R&D) menurut Sugiyono (2019). Hasil penelitian ini adalah buku digital PDF untuk memudahkan pembelajaran jarak jauh (online) yang telah divalidasi oleh validator media dan validator materi sebanyak 2 kali total persentase validasi media 82% dan validasi materi 88.6% keduanya dengan indikator layak digunakan tanpa revisi. Selanjutnya dilakuka uji coba melalui kuesioner pada wali murid TK B KBTK Terpadu Nada Ashobah Surabaya secara online melalui Google Formulir menghasilkan 90.1% tingkat kelayakan produk ketika digunakan.
Keywords: Ebook, membaca, Pandemi Covid-19, KBTK Terpadu Nada Ashobah
During the Covid-19 Pandemic, Nada Ashobah's Integrated KBTK faced very difficult challenges in carrying out learning, especially online learning. This is because in learning in kindergarten, students need special and intensive assistance. Meanwhile, most parents have not been able to replace the role of the teacher at home. Therefore, learning innovation is the most important part that must be developed by teachers, one of which is in preparing practical and efficient teaching materials. The formulation of the problem in this research is how is the process of developing a Reading Learning Ebook for Nada Ashobah Kindergarten students during the Pandemic Period?. This study uses the development research (R&D) method according to Sugiyono (2019). The results of this study are PDF digital books to facilitate distance learning (online) which have been validated by media validators and material validators for 2 times the total percentage of media validation is 82% and material validation is 88.6% both with indicators suitable for use without revision. Furthermore, a trial was carried out through a questionnaire on the guardians of the TK B Integrated KBTK Nada Ashobah Surabaya online via Google Forms resulting in a 90.1% product feasibility rate when used.
Keywords: Ebook, reading, Covid-19 Pandemic, Integrated KBTK Nada Ashobah