Manajemen Program Khea Thaew Kheaorph Thongchat (Berbaris Untuk Menghormati Bendera Nasional) Sebagai Upaya Menanamkan Nilai Karakter Kedisiplinan Pada Peserta Didik Di Darul Muyaheedeen Mosque Child Development Center, Padang Besar, Thailand.
Management of the Khea Thaew Kheaorph Thongchat Program (March to Respect the National Flag) as an Effort to Instill Discipline Character Values in Students at the Darul Muyaheedeen Mosque Child Development Center, Padang Besar, Thailand.
Peserta didik merupakan generasi penerus bangsa yang akan membawa identitas negaranya. Penting bagi peserta didik untuk memiliki karakter yang baik, berbagaicara dilakukan untuk bisa menanamkan karakter yang baik bagi peserta didik, salah satunya penanaman nilai karakter kedisiplinan yang dilakukan melalui manajemen program khea thaew kheaorph thongchat. Penanaman nilai karakter kedisiplinan ini melalui beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan dampakdari program khea thaew kheaorph thongchat. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan serta menganalisis manajemen program khea thaew kheaorph thongchat yang ada di Darul Muyaheedeen Mosque Child Development Center, Padang Besar, Thailand. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan rancangan penelitian berupa studi kasus pada lokasi penelitian agar mendapatkan pemahaman tentang program yang ada. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data berupa kondensasi, penyajian dan penarikan kesimpulan data. Uji keabsahan data yang digunakan berupa uji kredibilitas yang mencakup triangulasi data, Teknik, waktu dan member check. Hasil penelitian ditemukan bahwa perencanaan yang ada telah dilakukan secara matang, sehingga dalam pelaksanaan program khea thaew kheaorph thongchat dalam menanamkan nilai karakter kedisiplinan dapat berjalan sesuai dengan rencana, sedangkan pada evaluasi ditemukan bahwa program khea thaew kheaorph thongchat telah terlaksana dengan baik serta dampak yang dihasilkan mendapatkanhasil yang positif di sekolah maupun di rumah. Peserta didik yang ada dapat berbaris dengan rapih dan tertib, datang ke sekolah tepat waktu, dapat membuang sampah pada tempatnya dan dapat mengembalikan barang pada tempatnya.
Students are the future generation of a nation who will carry its identity. It is important for students to have good character, and various methods are employed to instill good character in students, one of which is the cultivation of discipline through the management of the Khea Thaew Kheaorph Thongchat program. The cultivation of discipline involves several stages, namely planning, implementation,evaluation, and the impact of the Khea Thaew Kheaorph Thongchat program. Theaim of this research is to describe and analyze the management of the Khea Thaew Kheaorph Thongchat program at Darul Muyaheedeen Mosque Child DevelopmentCenter, Padang Besar, Thailand. This research employed a qualitative research design using a case study approach at the research site to gain understanding about the existing program. Data collection techniques utilized were observation, interviews, and documentary study. Data analysis involved data condensation, presentation, and drawing conclusions. Data validity was ensured through credibility testing, including data triangulation, technique, time, and member checks. The research findings indicate that the existing planning was conducted thoroughly,allowing the implementation of the Khea Thaew Kheaorph Thongchat program to align with the plan. Furthermore, the evaluation revealed that the Khea Thaew Kheaorph Thongchat program was well-executed, and the resulting impact yieldedpositive outcomes both at school and at home. The students demonstrated the abilityto line up neatly and orderly, arrive at school on time, dispose of trash properly, and return items to their designated places.