Influence of Financial Performance on Company Value With Company Size as A Moderation Variable in Media and Entertainment Sub-Sector Companies Period 2019 - 2022
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kinerja keuangan yang terdiri atas likuiditas yang diproksikan dengan Current Ratio (CR), profitabilitas yang diproksikan dengan Return on Equity (ROE), dan leverage yang diproksikan dengan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap nilai perusahaan pada sub sektor media dan hiburan dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi. Berdasarkan jenis penelitian yang sesuai dengan metode penemuan ilmu, penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan populasi perusahaan sub sektor media dan hiburan yang terdaftar di BEI periode 2019-2022. Metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 40 sampel yang berasal dari 10 perusahaan. Teknik analisis data menggunakan uji Moderated Regression Analysis (MRA) dengan bantuan aplikasi SPSS versi 18. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel profitabilitas dan leverage memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan likuiditas dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Selain itu, berdasarkan hasil pengujian MRA variabel ukuran perusahaan mampu memperkuat pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Namun, ukuran perusahaan tidak mampu memoderasi pengaruh likuiditas dan leverage terhadap nilai perusahaan. Perusahaan sub sektor media dan hiburan perlu memperhatikan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba dan menggunakan utang sebagai modal karena kedua hal tersebut dapat mempengaruhi tinggi rendahnya penilaian investor terhadap perusahaan.
This research aims to examine the effect of financial performance consisting of liquidity proxied by the Current Ratio (CR), profitability proxied by Return on Equity (ROE), and leverage proxied by the Debt to Equity Ratio (DER) on company value in the sub-sector. media and entertainment with company size as the moderating variable. Based on the type of research that is in accordance with the scientific discovery method, this research includes quantitative research with a population of media and entertainment sub-sector companies listed on the IDX for the 2019-2022 period. The sampling method uses a purposive sampling method with a sample size of 40 samples from 10 companies. The data analysis technique uses the Moderated Regression Analysis (MRA) test with the help of the SPSS version 18 application. The results of the research show that partially the variables profitability and leverage have a positive and significant influence on company value. While liquidity and company size do not affect company value. In addition, based on the results of the MRA test, the company size variable is able to strengthen the effect of profitability on company value. However, company size is unable to moderate the effect of liquidity and leverage on company value. Media and entertainment sub-sector companies need to pay attention to the company's ability to generate profits and use debt as capital because these two things can influence the high or low level of investors assessment of the company.