Analisa Campuran AC-BC dengan Filler Abu Ampas Tebu untuk Penentuan Kadar Aspal Optimum
Abstrak
Peningkatan kualitas perkerasan jalan dengan menggunakan bahan pengganti yang mampu memberikan kekuatan pada perkerasan jalan. Dalam hal ini penggunaan filler dalam campuran diperlukan untuk mengisi rongga diantara agregat sehingga dapat meningkatkan kerapatan campuran. Produksi filler yang terbatas membuat jumlah antara agregat kasar, agregat halus, dan filler menjadi tidak seimbang. Upaya mencari alternatif filler menjadi sangat darurat untuk dilakukan. Salah satu alternative yaitu menggunakan limbah buangan dari pabrik gula berupa abu ampas tebu. Abu ampas tebu memiliki kandungan silika yang cukup tinggi sehingga diharapkan mampu meingkatkan mutu campuran. Selain itu abu ampas tebu apabila bercampur dengan aspal akan membuat campuran menjadi keras dan kaku.
Penelitian ini dilakukan untuk menentukan kadar aspal optimal dalam campuran yang memenuhi ketentuan spesifikasi Bina Marga 2010 Revisi 3. Komposisi campuran harus memenuhi gradasi agregat dan penambahan aspal pen 60/70 ke dalam campuran sesuai dengan perhitungan perkiraan kadar aspal (Pb). Kemudian campuran diuji dengan pengujian Marshall. Parameter Marshall meliputi stabilitas, flow, void in mineral agregat (VMA), void in mix (VIM), void filled with asphalt (VFA), dan Marshall Quotient (MQ). Penggunaan abu ampas tebu sebagai filler pada campuran AC-BC (Asphalt Concrete – Binder Course) menggunakan aspal pen 60/70 didapatkan hasil kadar aspal optimum sebesar 5,4%.
Kata Kunci: Parameter Marshall, Abu Ampas Tebu, Laston AC-BC
Abstract
Improving the quality of road pavement by using substitute material that is able to give strength to the road. In this case the use of filler in the mixture is necessary to fill the cavity between aggregates so as to increase the mixture density. The limited production of fillers makes the amount between coarse aggregate, fine aggregate, and filler unbalanced. The effort to find alternative fillers became very emergency to do. One alternative is to use waste from sugar factory in the form of bagasse ash. The ash of bagasse has a high silica content that is expected to improve the quality of mixture. In addition, the ash of bagasse when mixed with asphalt will make the mixture hard and stiff.
This research was conducted to determine the optimum asphalt level in the mixture that meets the terms of Bina Marga 2010 Revision 3. The composition of the mixture must meet the aggregate gradation and increase the asphalt pen 60/70 into the mixture according to the approximate calculation of asphalt content (PB). Then the mixture was tested with Marshall testing. The Marshall parameters include stability, flow, void in aggregate minerals (VMA), void in Mix (VIM), void filled with asphalt (VFA), and Marshall Quotient (MQ). The use of bagasse ash as filler in the mixture of AC-BC (Asphalt Concrete – Binder Course) using asphalt pen 60/70 obtained optimum asphalt rate of 5.4%
Keywords: Marshall Parameter, Bagasse Ash, Laston AC-BC