Abstrak
Penelitian dengan judul Naluri Kematian dalam Kumpulan Puisi Ghiah Ghata karya Lan Fang: Kajian Puitika Roman Jacobson ini bertujuan untuk menemukan puitika teks khususnya dalam kaitannya dengan konsep naluri kematian. Puitika naluri kematian yang dimaksud diperoleh dengan mengungkap struktur puisi khususnya bunyi , struktur kalimat, dan makna. Penelitian ini memanfaatkan teori puitika yang diuraikan oleh Roman Jakobson. Dalam terori tersebut terdapat konsep struktur keseimbangan yanng memuat penguraian puisi melalui tiga aspek yaitu tataran fonologi, tataran sintaksis, dan tataran semantik. Masing-masing konsep mengarahkan pada pengungkapan makna bunyi, struktur dan metafor teks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, pada Tataran Fonologi memunculkan energi spiritual dan kesakralan dalam puisi. Kedua, tataran Sintaksis kemunculan subjek lirik berupa subjek Aku membuat narasi puisi lebih jelas dan predikat yang mengandung makna gelap dengan imaji yang menakutkan sekaligus sakral. Ketiga, pada tataran Semantik kemunculan metafor dibagi dalam lima metonimi yaitu kerinduan, kematian, keputusasaan, ketuhanan dan hasrat kematian. Dari hasil analisis metafor yang mengandung metonimi Ketuhanan muncul paling banyak disusul kengerian, kerinduan, hasrat kematian dan keputusasaan. Kemunculan metafor ketuhanan yang mendominasi puisi membuat puisi memiliki imaji yang sakral.
Kata Kunci: naluri, kematian, puitika.
Abstract
The research entitled The Instinct of Death in the Collection of Ghiah Ghata Poetry by Lan Fang: The Study of Roman Jacobson's Poetry aims to find the poetry of the text especially in relation to the concept of instinct of death. The poetry of the instinct of death is obtained by revealing the structure of poetry, especially sound, sentence structure, and meaning. This research utilizes the poetic theory described by Roman Jakobson. In the theory there is a concept of a balance structure that contains decomposition of poetry through three aspects namely phonological level, syntactic level, and semantic level. Each concept directs the expression of sound meaning, structure and text metaphor. The results of the study show that first, on the Phonological Level raises spiritual energy and sacredness in poetry. Second, the level of syntax for the emergence of the subject of the lyrics in the form of a subject I make the poetry narrative clearer and the predicate that contains dark meanings with images that are both frightening and sacred. Third, at the Semantic level the emergence of a metaphor is divided into five metonymies, namely longing, death, despair, divinity and the desire for death. From the results of a metaphor analysis that contains the methonym of Godhead, most appear followed by horror, longing, the desire for death and despair. The emergence of the divine metaphor that dominates poetry makes poetry have sacred images.
Keywords: death, instinct, poetry