Profil Berpikir Statistik Siswa SMA Field Independent Dan Field Dependent Dalam Memecahkan Masalah
Statistical Thinking Profile Of Field Independent And Field Dependent Senior High School Students In Problem Solving
Berpikir statistik adalah aktivitas mental yang terjadi dari proses mengidentifikasi informasi statistik hingga proses pengambilan keputusan atau penarikan kesimpulan yang saling berhubungan. Salah satu yang dapat mempengaruhi profil berpikir statistik individu adalah gaya kognitif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil berpikir statistik siswa SMA Field Independent dan Field Dependent dalam memecahkan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sebagai instrumen utama dan tes gaya kognitif, tes kemampuan matematika, tes statistik, serta pedoman wawancara sebagai instrumen pendukung. Subjek penelitian yaitu satu siswa FI dan satu siswa FD dengan tingkat kemampuan matematika tinggi yang setara. Hasil penelitian ini menunjukkan perbedaan profil berpikir statistik siswa FI dan FD. Pada aktivitas mengevaluasi keefektifan tampilan data, siswa FI dapat memberikan argumennya secara analitis mengenai penyajian tampilan data yang lebih efektif digunakan dan siswa FD memberikan jawaban untuk penyajian tampilan data yang efektif berdasarkan yang terlihat dari soal. Pada aktivitas memaparkan hasil penyelesaian dari permasalahan yang tersedia dan membuat kesimpulan dari hasil yang telah diperoleh, siswa FI memaparkan penyelesaiannya dengan lebih rinci disertai dengan argumennya juga memberikan kesimpulan yang dihubungkan dengan permasalahan yang ada dan siswa FD memaparkan penyelesaian secara singkat dan memberikan kesimpulan secara umum dan belum dihubungkan dengan permasalahan yang ada. Karena perbedaan kemampuan statistika yang dimiliki kedua subjek, sebaiknya guru memperhatikan konsep statistika siswa dan melatih siswa dalam memecahkan masalah statistika dengan beberapa penyelesaian dengan tetap memperhatikan gaya kognitif siswa.
Statistical thinking is a mental activity that occurs from the process of identifying statistical information to the process of making decisions or drawing conclusions that are interconnected. One that can effect individual statistical thinking profiles is cognitive style. The purpose of this research is to describe the statistical thinking profile of Field Independent(FI) and Field Dependent(FD) high school student in solving problems. This research is a descriptive study with a qualitative approach. The instruments of this research are the researcher as the main instrument and cognitive style test, mathematics ability test, and interview guidelines as the supporting instruments. Research subjects are one of FI student and one of FD student with an equivalent level of high mathematical ability. The results of this study indicate differences in the profile of FI student an FD student statistical thinking. In evaluating the effectiveness of the data display, FI student can provide analytical argument about the presentation of data display that more effectively used and FD student provide answers for the presentation of effective data displays based on what is seen from the question. In describing the results of the available problems and making conclusions from the results that have been obtained, FI student describes the solutions in more detail accompanied by the arguments also provide conclusions related to the existing problems and FD student briefly describes the solutions and provide general conclusions and have not been linked to the existing problems. Because of the statistical ability of two subjects is different, teacher should pay attention to the statistical concepts and train students on solving statistical problems by any solutions while still paying attention to the cognitive style of students.