PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS DI SMK NEGERI 1 JOMBANG
DEVELOPMENT OF INTERACTIVE MULTIMEDIA MATERIALS IN BASIC GRAPHIC DESIGN SUBJECT AT SMK NEGERI 1 JOMBANG
Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui kelayakan multimedia interaktif materi penggunaan perangkat lunak pengelolahaan gambar vector pada mata pelajaran dasar desain grafis kelas x di SMK Negeri 1 Jombang serta untuk mengetahui keefektifan multimedia interaktif materi penggunaan perangkat lunak pengelolahaan gambar vector pada mata pelajaran dasar desain grafis kelas x di SMK Negeri 1 Jombang.
Model pengembangan yang dilakukan oleh pengembang dalam mengembangkan multimedia interaktif adalah model pengembangan ADDIE yang memiliki 5 Tahapan yakni Analyze (Analisis), Design(Desain/perancangan), Development(Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluate (Evaluasi). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuisioner (angket) dan tes. Sedangkan teknik analisis data untuk kelayakan media menggunakan skala likert dan teknik analisis data untuk mengukur keefektifan menggunakan uji-t paired sample test dan N-gain Score. Desain penelitian ini menggunakan pretest-posttest one group design dengan sasaran penelitian yaitu peserta didik kelas X MM 1 SMK Negeri 1 Jombang dengan jumlah 36 peserta didik.
Berdasarkan hasil analisis data didapatkan hasil uji ahli materi 1 mendapatkan nilai presentase sebesar 87,50 %,ahli materi 2 mendapatkan nilai presentase sebesar 87,50% (sangat baik), ahli desain pembelajaran menapatkan nilai presentase sebesar 95%, ahli media mendapatkan nilai presentase sebesar 83,90% (baik) dan Uji coba perorangan mendapatkan nilai presentase sebesar 87% (sangat baik), Uji coba kelompok kecil mendapatkan nilai presentase sebesar 85,20 %(sangat baik) Uji coba kelompok besar mendapatkan nilai presentase sebesar 85,90% (sangat baik). Hasil nilai normalitas yang menunjukkan nilai pre-test sig 0,223 > 0,05 dan post-test sig 0,054 > 0,05. Maka dapat disimpulkan data pre-test dan post-test terdistribusi normal, selanjutnya dalam perhitungan Uji T dengan hasil analisis diperoleh nilai signifikansi (2- tailed) 0.000 ≤ 0.05 dan nilai thitung sebesar 17.996 > 2.030. dan yang terakhir perhitungan N Gain score didapatkan hasil mean dari ngain score yakni 0,73 atau 73% yang termasuk kategori tinggi dan cukup efektif. Maka dapat disimpulkan bahwa Multimedia inetraktif layak dan efektif.
Kata Kunci :Pengembangan, Multimedia interaktif, Dasar Desain Grafis, Hasil Belajar
The purpose of this study was to determine the feasibility of interactive multimedia for the use of vector image management software in the basic subjects of graphic design for class X at SMK Negeri 1 Jombang and to determine the effectiveness of interactive multimedia for the use of vector image management software in the basic subjects of graphic design for class X. at SMK Negeri 1 Jombang.
The development model carried out by developers in developing interactive multimedia is the ADDIE development model which has 5 stages namely Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluate. Data collection techniques in this study were questionnaires (questionnaires) and tests. While the data analysis technique for media feasibility uses a Likert scale and data analysis techniques to measure effectiveness use the paired sample t-test and N-gain score. The research design used a pretest-posttest one group design with the research target being students of class X MM 1 at SMK Negeri 1 Jombang with a total of 36 students.
Based on the results of data analysis, the results obtained from the material expert test 1 obtained a percentage value of 87.50%, material expert 2 obtained a percentage value of 87.50% (very good), learning design experts received a percentage value of 95%, media experts received a percentage value 83.90% (good) and individual trials get a percentage value of 87% (very good), small group trials get a percentage value of 85.20% (very good) large group trials get a percentage value of 85.90 % (Very good). The results of the normality value show that the pre-test sig 0.223 > 0.05 and the post-test sig 0.054 > 0.05. So it can be concluded that the pre-test and post-test data are normally distributed, then in the calculation of the T test with the analysis results obtained a significance value of (2-tailed) 0.000 ≤ 0.05 and a tcount value of 17.996 > 2.030. and finally the calculation of the N Gain score obtained the mean result of the gain score which is 0.73 or 73% which is included in the high category and is quite effective. So it can be concluded that interactive Multimedia is feasible and effective..
Keywords: Development,Interactive Multimedia, basic graphic design subject, learning outcomes