Analysis the Impact of Technology Integration in Differentiated Learning
Keberagaman peserta didik menjadi tantangan bagi pendidik untuk mengelola pembalajaran yang efektif guna menghasilkan hasil pembelajaran yang maksimal. Hasil belajar menjadi penting untuk di teliti karena menjadi tolak ukur keberhasilan dalam proses pembelajaran. Pembelajaran diferensiasi dengan bantuan teknologi menjadi salah satu strategi pembelajaran yang dapat diterapkan di kelas untuk mengoptimalkan hasil belajar. Integrasi teknologi membantu pendidik dalam menerapkan pembelajaran diferensiasi guna memenuhi karakteristik peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak penggunaan teknologi dalam pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah systematic literature review. Artikel yang digunakan merupakan artikel dengan bahasa Inggis dan bahasa Indonesia yang bersumber dari Sinta, Google Scholar, ERIC dan Scopus yang diterbitkan pada tahun 2018 hingga 2023. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan teknologi dalam pembelajaran diferensiasi berdampak secara positif terhadap hasil belajar akdemik dan perkembangan sikap peserta didik. Hasil tersebut menunjukkan pengaruh signifikan pada jenjang SMP dan SMA tetapi belum menunjukkan hasil yang optimal pada jenjang pendidikan SD. Dengan demikian, bantuan teknologi dapat membantu guru dalam menerapkan pembelajaran diferensiasi yaitu diferensiasi konten, proses, dan produk guna meningkatkan hasil belajar yang optimal.
Kata kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Diferensiasi, Teknologi
The diversity of students is a challenge for educators to manage effective learning to produce maximum learning outcomes. Learning outcomes are important to research because they are a measure of success in the learning process. Differentiated learning with technology is one learning strategy that can be applied in the classroom to optimize learning outcomes. Technology integration helps educators implement differentiated learning to meet student characteristics. The aim of this research is to determine the impact of using technology in differentiated learning on student learning outcomes. The research method is a systematic literature review. The articles used are articles in English and Indonesian sourced from Sinta, Google Scholar, ERIC and Scopus which were published from 2018 to 2023. The results of the analysis show that previous studies showing that the use of technology in differentiated learning has a positive impact on academic learning outcomes and development of students' attitudes. These results show a significant influence at the junior and senior high school levels but do not show optimal results at the elementary school level. Thus, technological assistance can help teachers implement differentiation learning, that is differentiation of content, processes and products in order to improve learning outcome.
Keywords: Differentiated Learning, Learning Outcome, Technology