PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK
DEVELOPMENT OF AUGMENTED REALITY-BASED LEARNING MEDIA IN ELECTRIC MOTOR INSTALLATION COURSES
Instalasi motor listrik merupakan bagian terpenting dalam lingkungan industri maupun lingkungan sekitar rumah. Instalasi motor listrik sangat berbahaya bila ada salah penyambungan kabel dan mengakibatkan fatal menyangkut keselamatan manusia. Pada masa pandemi covid-19 pihak sekolah harus melakukan daring untuk menghindari virus corona. Selama melakukan daring siswa SMK banyak yang tidak memahami komponen dari instalasi motor listrik, dikarenakan tidak adanya praktikum untuk memudahkan dalam melakukan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui hasil belajar siswa menggunakan aplikasi Augmented Reality pada saat pembelajaran daring dilakukan. Metode penelitian ini menggunakan penelitian Pre-Experimental Design dengan model One-shot Case Study. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK PGRI 1 SURABAYA kelas Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik dengan siswa sebanyak 25 orang. Hasil dari test posttest yang dikerjakan siswa data yang diperoleh dengan nilai rata-rata 86.2 dan standar deviasi 5,05. Uji normalitas data tidak berdistribusi normal. Hasil analisis data dengan tingkat signifikansi > 0,05 adalah 0,005, sehingga data tidak berdistribusi normal. Untuk data yang tidak dapat berdistribusi normal menggunakan uji Nonparametrik dan uji binomial diperoleh hasil analisis data sebesar 0,043 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada materi komponen instalasi motor listrik tidak sama dengan 75 atau lebih dari nilai KKM 75.
Installation of electric motors is the most important part in the industrial environment and the environment around the house. Installing an electric motor is very dangerous if there is a wrong connection of the cable and it can be fatal for human safety. During the Covid-19 pandemic, schools must go online to avoid the corona virus. While doing online, many SMK students do not understand the components of the electric motor installation, due to the absence of a practicum to facilitate learning. This study aims to determine student learning outcomes using Augmented Reality applications when online learning is carried out. This study uses a Pre-Experimental Design research method with a One-shot Case Study model. The subjects of this study were students of class XI SMK PGRI 1 SURABAYA Electrical Power Utilization Engineering class with 25 students. The results of the posttest test carried out by students the data obtained with an average value of 86.2 and a standard deviation of 5.05. The normality test of the data is not normally distributed. Results of data analysis with a significance level > 0.05 is 0.005, so the data is not normally distributed. For data that cannot be normally distributed using the nonparametric test and binomial test, the results of data analysis are 0.043 so that H0 is rejected and H1 is accepted. It was concluded that the average student learning outcomes on the component material of the electric motor installation were not equal to 75 or more than the KKM value of 75.