ABSTRAK
Hasbi, Muhammad. 2019. Pembelajaran Matematika Realistik dengan Strategi REACT untuk Melatihkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP pada Materi Prisma. Tesis, Program Studi S2 Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Dr. Agung Lukito, M.S., dan (II) Dr. Raden Sulaiman, M.Si.
Kata-kata Kunci: Pembelajaran Matematika Realistik, Strategi REACT, Kemampuan Koneksi Matematika.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan perangkat dan menghasilkan perangkat pembelajaran matematika realistik dengan strategi REACT yang berkualitas baik pada materi prisma kelas VIII SMP, serta mendeskripsikan keefektifan pembelajaran matematika realistik dengan strategi REACT yang dapat melatihkan kemampuan koneksi matematis siswa pada materi prisma.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), dan Tes Kemampuan Koneksi Matematika (TKKM). Perangkat pembelajaran dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri atas empat tahap yaitu tahap define, tahap design, tahap develop, dan tahap disseminate. Subjek penelitian untuk kelas uji coba adalah 35 siswa kelas VIII-A dan subjek penelitian untuk kelass implementasi adalah 35 siswa kelas VIII-B. Dalam penelitian ini meggunakan analisis deskritif.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan berkualitas baik karena memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Perangkat pembelajaran dikatakan valid karena semua validator memberikan nilai minimal 3 untuk setiap aspek penilaian dengan skala 1-4 dan soal tes kemampuan koneksi matematika memenuhi kriteria valid, reliabel, dan sensitif. Perangkat pembelajaran dikatakan praktis karena aktivitas guru mengelola pembelajaran memenuhi kriteri baik dan aktivitas siswa memenuhi kriteria aktif. Perangkat pembelajaran dikatakan efektif karena respons siswa terhadap perangkat pembelajaran dan kegiatan pembelajaran memenuhi kategori positif, ketuntasan belajar secara klasikal tercapai serta pembelajaran matematika realistik dengan strategi REACT untuk melatihkan kemampuan koneksi matematika siswa tercapai.
Berdasarkan analisis deskriptif pada kelas implementasi diperoleh bahwa pembelajaran matematika realistik dengan strategi REACT pada materi prisma efektif untuk melatihkan kemampuan koneksi matematis siswa. Hal ini dapat dilihat pada aspek kualitas pembelajaran, kesesuaian tingkat pembelajaran, insentif, dan waktu yang digunakan sudah sesuai dengan perencanaan yang telah disusun pada rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), serta pembelajaran matematika realistik dengan strategi REACT untuk melatihkan kemampuan koneksi matematika siswa tercapai.
ABSTRACT
Hasbi, Muhammad. 2019. The Realistic Mathematical Learning with REACT Strategy to Train Middle-School Student's Mathematical Connection Ability in Prism Material. Thesis, Mathematics Education Program, Postgraduate State University of Surabaya. Advisor: (I) Dr. Agung Lukito, M.S., and (II) Dr. Raden Sulaiman, M.Si.
Keywords: Realistic Mathematical Learning, REACT strategy, Mathematical Connections Ability.
This study aims to describe the process of developing learning tools and produce realistic mathematical learning tools with good quality REACT strategies on prism VIII SMP, and to describe the effectiveness of realistic mathematics learning with REACT strategies that can train students' mathematical connection skills on prism material.
This research is categorized as development research. Learning tools developed in this research are Lesson Plans (RPP), Student Worksheets (LKS), and Mathematical Connection Ability Test (TKKM). Learning tools were developed using a 4-D development model consisting of four stages, namely defining, designing, developing, and disseminating. The research subjects for the trial class were 35 students of class VIII-A and the research subjects for the implementation class were 35 students of class VIII-B. Then this research using descriptive analysis.
Based on the results of descriptive analysis obtained that the learning tools developed good quality because it meets the valid criteria, practical and effective. Learning tools are said to be valid because all validators provide a minimum score of 3 for each aspect of the assesment on a scale of 1 – 4 and mathematical connection ability test it meets validity, reliability, and sensitive criteria. Learning tools are said to be practical because the ability teacher to manage learning show both minimal cateoties and student activities categorized effectively. Learning tools are said to be effective because students 'responses to positive learning tools and learning activities categorized positive, classical completeness are achieved, and realistic mathematics learning with REACT strategy to train students' mathematical connection skills is achieved.
Based on the results descriptive analysis in the implementation class, obtained that realistic mathematics learning with REACT strategy on prism material was effective to train students' mathematical connection ability. This can be seen in the aspects of quality of instruction, appropriate levels of instruction, insentive, and time used are in accordance with the plans that have been prepared in the lesson plans (RPP), and realistic mathematics learning with REACT strategy to train students' mathematical connection skills is achieved.