Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang berbasis inkuiri terbimbing pada materi tekanan untuk melatihkan Higher Order Thinking (HOTS). Kelayakan LKPD ditinjau dari tiga aspek yaitu kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Metode penelitian ini menggunakan ADDIE, meliputi tahap analisis, desain produk, pengembangan produk, implementasi, dan evaluasi. LKPD yang dikembangkan memuat tiga sub materi yaitu tekanan hidrostatis, Hukum Archimedes, dan Hukum Pascal. Hasil validasi LKPD menunjukkan kategori sangat baik dengan modus 4. Kepraktisan ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran dan angket respon peserta didik. Hasil menunjukkan modus baik dan sangat baik di setiap pertemuan, sedangkan angket respon peserta didik secara keseluruhan memperoleh persentase 86% dalam kategori sangat baik. Adapun keefektifan dalam melatihkan HOTS dilihat dari aktivitas peserta didik dan melalui peningkatan N-Gain setiap peserta didik serta setiap indikator HOTS. Secara keseluruhan skor rata-rata peserta didik pada pretest 26,16 sedangkan posttest 74,33 dengan N-Gain 0,65 berkategori sedang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah LKPD berbasis inkuiri terbimbing layak untuk melatihkan HOTS peserta didik pada materi tekanan.
Kata kunci : LKPD, Inkuiri Terbimbing, dan HOTS.
This study aimed to produce student’s worksheet based guided inquiry on pressure material to facilitate Higher Order Thinking (HOTS). The feasibility of student’s worksheet reviewed based on three aspects,that are validity, practicality, and effectiveness. This research refers to the ADDIE model incluiding analysis phase, product design, product development, implementation, and evaluation. The developed of worksheet consist of three sub material there are hydrostatic pressure, Pascal Law, and Archimedes Law. The result of worksheet validation show that every aspect is considered categorize very good with mode 4. Practicality was seen through the learning implementation and student’s responses show the mode of each meeting with a category good and very good, while student’s responses overall show of 86% with a category very good.The effectiveness in training student’s Higher Order Thinking Skills is seen through increasing N-Gain each student and every indicator of HOTS. Relatively the average score of students in the pre-test was 26,16 while the post-test was 74,33 with N-Gain 0,65 in the medium category. The conclusion of this research is student’s worksheet based guided inquiry feasible to facilitate student’s Higher Order Thinking Skills (HOTS) in pressure material.
Keywords : Student’s worksheet, guided inquiry, HOTS