Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning pada Mata Pelajaran Pemodelan Perangkat Lunak di SMK Semen Gresik
Development of Mobile Learning Media on Software Modeling Subjects at SMK Semen Gresik
Perkembangan teknologi saat ini sangat berpengaruh khususnya pada bidang pendidikan, namun kurangnya pemanfaatan teknologi sebagai strategi dalam pendidikan menyebabkan siswa kurang termotivasi untuk belajar sehingga hasil belajar yang didapatkan cenderung rendah. Oleh karena itu, dengan adanya perkembangan teknologi siswa dapat memanfaatkan media belajar dalam bentuk mobile learning menggunakan tools MIT App Inventor yang dapat digunakan dimana saja serta kapan saja dengan mudah. Tujuan dari penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran mobile learning pada mata pelajaran pemodelan perangkat lunak di SMK Semen Gesik, 2). Untuk mengetahui motivasi siswa dalam penerapan mobile learning pada mata pelajaran pemodelan perangkat lunak di SMK Semen Gresik, 3). Untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam penerapan media pembelajaran mobile leaning pada mata pelajaran pemodelan perangkat lunak di SMK Semen Gresik.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan penelitian pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini menggunakan dua kelompok uji yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Sasaran penelitian yaitu SMK Semen Gresik kelas XI Rekayasa Perangkat Lunak.
Hasil penelitian menunjukkan 1). hasil validasi media hasilnya dapat dikategorikan sangat valid dengan skor yang diperoleh 89,7%, hasil validasi materi memperoleh skor 92,3% dengan kategori sangat valid, hasil validasi butir soal pilihan ganda dan praktikum memperoleh skor 95% dan 91,6% dengan kategori sangat valid, hasil validasi angket motivasi memperoleh skor 85,67% dengan kategori sangat valid. Dari hasil validasi yang di dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran mobile learning layak digunakan sebagai media dukung pembelajaran pada mata pelajaran pemodelan perangkat lunak. 2). hasil analisis angket motivasi belajar siswa sesudah menggunakan media pembelajaran mobile learning pada mata pelajaran pemodelan perangkat lunak memperoleh skor 80,20% dengan kategori baik. 3). Lalu hasil uji hipotesis didapatkan perbedaan rata-rata kedua kelas sebesar 19,000 dan hasil tvalue sebesar 6,905, sedangkan hasil ttabel sebesar 2,01290. Nilai tvalue sebesar 6,905 menunjukkan bahwa nilai tvalue lebih besar dari ttabel , maka pernyataan h1 “Adanya peningkatan hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran mobile learning pada mata pelajaran pemodelan perangkat lunak” diterima.
Kata Kunci : mobile learning, MIT APP Inventor, ADDIE, Pemodelan Perangkat Lunak
The development of technology is currently very influential, especially in the field of education, but the lack of utilization of technology as a strategy in education causes students to be less motivated to learn so that the learning outcomes obtained tend to be low. Therefore, with the development of technology, students can utilize learning media in the form of mobile learning using MIT App Inventor tools that can be used anywhere and anytime easily. The objectives of this research are 1). To determine the feasibility of mobile learning media in software modeling subjects at SMK Semen Gresik, 2). To determine the motivation of students in the application of mobile learning in software modeling subjects at SMK Semen Gresik, 3). To determine student learning outcomes in the application of mobile leaning learning media in software modeling subjects at SMK Semen Gresik.
The research method used in this study was ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) development research. This research uses two test groups, namely the control group and the experimental group. The research target is SMK Semen Gresik class XI Software Engineering.
The results of media validation results can be categorized as very valid with a score obtained of 89.7%, the results of material validation obtained a score of 92.3% with a very valid category, the results of validation of multiple choice items and practicum obtained a score of 95% and 91.6% with a very valid category, the results of motivation questionnaire validation obtained a score of 85.67% with a very valid category. From the validation results it can be concluded that mobile learning media is suitable for use as a learning support medium in software modeling subjects. 2). the results of the analysis of student learning motivation questionnaires after using mobile learning media in software modeling subjects obtained a score of 80.20% in the good category. 3). Then the results of the hypothesis test obtained the average difference between the two classes of 19.000 and the tvalue result of 6.905, while the ttable result is 2.01290. The tvalue of 6.905 shows that the tvalue is greater than the t table, so the statement h1 "There is an increase in student learning outcomes using mobile learning media in software modeling subjects" is accepted.
Keyword : mobile learning, MIT APP Inventor, ADDIE, Software Modeling Subjects.