Penelitian ini menekankan pentingnya family economic education, pengendalian lifestyle dan penggunaan social media untuk mengurangi consumptive behavior pada peserta didik. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah perlunya peningkatan pemahaman ilmu dasar ekonomi melalui pendidikan formal dan non-formal untuk membantu peserta didik dalam membuat keputusan ekonomi yang lebih rasional dan bertanggung jawab. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh langsung atau tidak langsung dari family economic education, lifestyle, social media addiction, dan economic literacy terhadap consumptive behavior. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian eksplanatori. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis SEM (Structural Equation Model), dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari responden melalui kuesioner dan data sekunder berupa data jumlah peserta didik kelas X tahun ajaran 2023-2024 yang diperoleh dari pengurus tata usaha SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan menerapkan metode simple random sampling. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 2 Surabaya yang berjumlah 369 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 192 responden yang terdiri dari beberapa peserta didik dari kelas X SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan family economic education terhadap economic literacy peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Terdapat pengaruh negatif dan tidak signifikan family economic education terhadap consumptive behavior peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Terdapat pengaruh positif dan tidak signifikan lifestyle terhadap economic literacy peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Terdapat pengaruh positif dan signifikan lifestyle terhadap consumptive behavior peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Terdapat pengaruh positif dan tidak signifikan social media addiction terhadap economic literacy peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Terdapat pengaruh positif dan signifikan social media addiction terhadap consumptive behavior peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Terdapat pengaruh negatif dan tidak signifikan economic literacy terhadap consumptive behavior peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa economic literacy tidak berperan dalam memediasi family economic education, lifestyle, dan social media addiction terhadap consumpive behavior peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Dikatakan tidak berperan karena nilai p-value > 0,05 yang berarti tidak signifikan.
Kata Kunci: Consumptive Behavior, Economic Literacy, Family Economic Education, Lifestyle, dan Social Media Addiction.
The study underlines the importance of family economic education, lifestyle control, and the usage of social media in reducing students' consumption habits. The practical consequences of this research include the need to improve awareness of the basic sciences of economics through formal and non-formal education in order for learners to make more reasonable and responsible economic decisions. The purpose of this study is to examine the direct and indirect effects of family economic education, lifestyle, social media addiction, and economic literacy characteristics on consumer behavior. This study uses a quantitative method similar to explanatory research. The data analysis technique used is SEM (Structural Equation Model) analysis, using primary data obtained from respondents through questionnaires and secondary data of the number of students in class X of the 2023–2024 year of education from the business manager of Muhammadiyah High School 2 Surabaya. The sampling technique uses probability sampling techniques by applying simple random sampling. The population of this study is the entire student class X of Muhammadiyah High School 2 Surabaya, which totaled 369 people. The sample in this study amounted to 192 respondents, who consisted of some students of X class Muhammadiyah High School 2 Surabaya. The results of this study show that there is a positive and significant influence of family economic education on the economic literacy of pupils in classes X at Muhammadiyah High School in Surabaya. There is a negative and non-significant influence on the consumptive behavior of pupils in classes X of Muhammadiyah High School 2, Surabaya. The lifestyle of the pupils is positive and not significant. There is a negative and non-significant influence of economic literacy on the consumptive behavior of students in the X class of Muhammadiyah High School 2 Surabaya. The results of this study also show that economic literature does not play a role in mediating family economic education, lifestyle, and social media addiction to the consumptive behavior of students. It is said to be irrelevant because a p-value > 0.05 means it is insignificant.
Keywords: Consumptive Behavior, Economic Literacy, Family Economic Education, Lifestyle, and Social Media Addiction.