Supevisi akademik kepala sekolah merupakan upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah dengan tujuan untuk memperbaiki dan meningkakan kualitas guru dalam memberikan pembelajaran. Peran aktif dari guru diperlukan sebagai bentuk komitmen untuk mendukung dan mencapai tujuan sekolah secara bersama-sama, karena dengan adanya komitmen guru dan terciptanya supervisi akademik kepala sekolah yang baik akan menjadikan guru memiliki kinerja yang baik.
Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru, pengaruh komitmen guru terhadap kinerja guru, serta pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Komitmen guru secara bersama-sama terhadap Kinerja guru di SMP Negeri 2 dan 3 Tanjunganom dengan menggunakan metode kuantitatif. Sampel yang digunakan berjumlah 81 responden guru.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada Uji T, variabel supervisi akademik kepala sekolah secara parsial berpengaruh terhadap kinerja guru sebesar 0,000, serta varibel komitmen guru secara parsial berpengaruh terhadap kinerja guru sebesar 0,045. Pada Uji F menunjukkan nilai Fhitung sebesar 14,376. Nilai signifikan variabel supervisi akademik kepala sekolah dan komitmen guru terhadap kinerja guru diperoleh sebesar 0,000. Nilai signifikasn ini lebih kecil 0,05 dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima,artinya supervisi akademik kepala sekolah dan komitmen guru secara bersama-bersama berpengaruh terhadap kinerja guru di SMP Negeri 2 dan 3 Tanjunganom Nganjuk 26,9%.
Kata kunci : Supervisi akademik kepala sekolah, Komitmen Guru, Kinerja Guru.