Seiring perkembangan teknologi digital, secara langsung merubah pola perilaku pembelian konvensional secara online dengan cepat. Dengan berbagai kemudahan dan kecepatan yang ditawarkan, pembelian secara online dapat menarik perhatian pada kalangan masyarakat modern yang menginginkan sebuah pelayanan dan transaksi yang praktis dan cepat tanpa harus bertatap muka, sehingga hal ini memerlukan sebuah kepercayaan pembeli terhadap penjual. Dengan memanfaatkan kemudahan dari teknologi digital yakni internet, pengguna harus menyertakan identitas pribadi untuk melakukan transaksi, namun data yang diberikan tidak dapat dikendalikan pengguna sepenuhnya, oleh sebab itu perlu adanya sebuah keamanan data pribadi pengguna yang telah terinput dalam sistem internet supaya tidak terjadi penyalahgunaan data pribadi.
Jenis Penelitian ini adalah konklusif dengan pendekatan deskriptif. Karakteristik populasi berusia lebih dari 15 tahun dan telah melakukan pembelian di Shopee satu bulan terakhir. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling, dengan menggunakan metode pengambilan sampel berupa purposive sampling dan snowball sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini sejumlah 220 responden yang penyebaran kuesioner dilakukan secara online menggunakan google form. Teknik analisis data pada penelitian ini mengggunakan regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh signifikan variabel kepercayaan terhadap keputusan pembelian online, tidak ada pengaruh signifikan kemudahan terhadap keputusan pembelian online, dan ada pengaruh signifikan keamanan terhadap keputusan pembelian online, serta variabel paling dominan yaitu keamanan.
Kata Kunci: Kepercayaan, Kemudahan, Keamanan dan Keputusan Pembelian Online
As the development of digital technology, directly changes the pattern of conventional online buying behavior quickly. With various easiness and speeds offered, online purchases can attract attention among modern society who want service and transaction that’s practical and fast without having face to face, so this requires customer's trust in the seller. By utilizing easiness of digital technology, which is internet, users must include a personal identity to make transactions, but the data provided cannot be fully controlled by user, therefore there’s a need for a user's personal data security that has been inputted on the internet system so that there’s no misuse of personal data.
This type of research is conclusive with a descriptive approach. Characteristics of the population over the age of 15 years and have made purchases in Shopee in the past month. The sampling technique uses nonprobability sampling, using the sampling method in the form of purposive sampling and snowball sampling. The number of samples in this study were 220 respondents who distributed questionnaires online using google form. The data analysis technique in this study uses multiple linear regression.
The results showed that there was a significant influence of the trust variable on online purchasing decisions, there was no significant effect of the ease variable on online purchasing decisions, and there was a significant effect of security on online purchasing decisions, and the most dominant variable was security.
Keywords: Ease, Online Purchasing Decisions, Security, Trust