ABSTRAK
Dalam beberapa dekade terakhir, jumlah orang yang didiagnosis sebagai autisme telah meningkat secara besar-besaran menjadi sekitar 1 dari 100. Di Indonesia sendiri jumlah anak autis meningkat setiap tahunnya. Namun, penyembuhan anak-anak dengan autisme masih relatif rendah, terutama orang-orang autis yang tinggal di desa-desa (pedalaman) Indonesia karena rendahnya pendidikan di daerah itu. Itu sebabnya orang tua perlu lebih banyak pemahaman tentang bagaimana memperlakukan anak-anak autis untuk mengembangkan defisit bahasa mereka seperti anak-anak normal lainnya. Penelitian ini akan membahas penguatan defisit bahasa pada anak autis yang dilakukan melalui metode analisis perilaku terapan (ABA). Hal tersebut dialami oleh Dylan, seorang anak penderita autis yang berusia 3 tahun yan mana perkembangan bahasanya lebih lambat disbanding anak-anak pada umumnya sehingga membutuhkan beberapa bantuan bahasa melalui metode ABA untuk berkomunikasi dengan orang lain.
Hal utama dalam penelitian ini fokus pada dua rumusan masalah; (1) Apa saja kategori operan verbal dalam pengembangan bahasa Dylan dalam menggunakan metode ABA? (2) Bagaimana hasil perkembangan bahasa Dylan dalam menggunakan metode ABA? Maka dari itu, dalam menyelesaikan penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode campuran yang bersifat deskriptif kualitatif digunakan untuk menjawab masalah yang pertama (RQ1) dengan teknik dokumentasi karena sesuai dengan data yang digunakan yaitu dalam bentuk video dan kuantitatif untuk menjawab masalah yang kedua (RQ2) dengan menggunakan tonggak penilaian Program Penilaian dan Penempatan Milestone Perilaku Verbal (VB-MAPP) oleh Sundberg untuk mengukur perkembangan Bahasa sesuai hasil rumusan masalah yang pertama. Dalam penelitan ini, teori perilaku verbal khususnya operant verbal oleh Skinner yang mengenai tentang perkembangan Bahasa dalam cabang psikolinguistik diterapkan untuk menganalisis data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa di antara data video pertama (V1) hingga video ke 4 (V4) beberapa kategori operan verbal (VO) digunakan sebagai penguatan positif yang mana diantaranya mand, tact, echoic, intraverbal dan kategori lainnya yang tidak ada dalam operan verbal tetapi peneliti mengkategorikannya ke dalam jenis "gestural" dan “verbal tact” sebagai kategori baru. Dengan demikian, melalui hasil VB-MAPP dapat dilihat bahwa perilaku verbal Dylan mengalami perkembangan dan dia juga mampu mempertahankan apa yang telah dia pelajari sebelumnya. Namun, total skor transisi bentuk tonggak VB-MAPP, bentuk hambatan dan perilaku negatif dan kontrol instruksional di antara semua data video adalah rata-rata 1 yang berarti Dylan masih harus berlatih lebih banyak dan mempelajari beberapa kategori seperti teks dan transkripsi yang mana belum pernah dia terapkan sebelumnya agar memperoleh keterampilan yang dibutuhkan untuk bisa belajar dalam lingkungan pendidikan yang tidak terlalu ketat.
Kata Kunci: Autisme, Operan Verbal (VO), Analisis Perilaku Terapan (ABA), Program Penilaian dan Penempatan Milestone Perilaku Verbal (VB-MAPP)
ABSTRACT
In recent decades the number of people diagnosed as autism has increased massively to an estimated number of 1 in 100. In Indonesia itself the number of autistic children has increased every year. However, the curing of children with autism is still relatively low, especially the autistic people who live in villages (inland) of Indonesia since the low education in that area. That’s why the parents need more understanding about how to treat their autistic children to develop their language deficit like other normal children. This study would discuss the reinforcements of language deficit in autistic child that was done through applied behavior analysis (ABA) method. It occurred to Dylan, an autistic child of 3 years old in which his language developed more slowly than others and need some language reinforcements through ABA method to communicate with others.
The primary of this study is two questions; (1) What are the categories of verbal operant in Dylan’s language development in using ABA method? (2) How does Dylan's language developmental result in using ABA method? To finish this study, the method applied was mix method which is descriptive qualitative used to answer RQ 1 with documentation technique since it is in the form of videos while quantitative to answer RQ 2 with Verbal Behavior Milestones Assessment and Placement Program (VB-MAPP) by Sundberg. In this study, the theory of Verbal Behavior using verbal operant by Skinner of language development in psycholinguistics point of view was applied to analyze the data.
The finding showed that among video 1 (V1) to video 4 (V4) data some categories of verbal operant (VO) were used as positive reinforcements there were mand, echoic, tact, intraverbal and other category which did not exist in the verbal operant but the researcher categorized it as “gestural” and “verbal tact” as new categories. Thus, through VB-MAPP Milestones result it can be seen that Dylan’s verbal behavior got development and he was able to maintain what he had learned before. However, the total transition scores of VB-MAPP milestones form, barriers form and negative behavior and instructional control among all of videos data were average 1 it meant Dylan still had to practice more and learned some categories such as textual and transcriptions which were not applied yet to acquire the skills needed for studying in a less restrictive educational environment.
Keywords: Autism, Verbal Operant (VO), Applied Behavior Analysis (ABA), Verbal Behavior Milestones Assessment and Placement Program (VB-MAPP)