Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan proses sains dengan menggunakan model pembelajran kooperatif student Teams Achievmnet Division (STAD), dengan rancangan penelitian Pre-experimental, hanya membutuhkan satu kelas dan tidak menggunakan kelas control, subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Hidayatul Muta’alimin Lamongan 2017-2018 yang berjumlah 22 siswa dan hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa ada peningkatan keterampilan proses sains dengan menggunakan model pembelajaran student teams achievement division (STAD) hal tersebut dapat diketahui dengan adanya peningkatan di pretest dan posttest dengan berdasrkan hasil N-gain sebesar 0,74 dan masuk dalam kategori tinggi sedangkan aspek keterampilan proses sains mengalami peningkatan dari pertemuan pertama ialah 54,6 sedangkan pertemuan kedua meningkat 80,5 sedangkan pada keterlakasanaan pembelajaran STAD mengalami peningkatan 3,5%. Siswa memberikan respon 99% sangat baik terhadap pembelajaran student Teams Achievmnet Division (STAD), Kesimpulan penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif student teams-achievement devision (STAD) dapat meningkatkan keterampilan proses sains pada sub materi ekosistem.
Kata Kunci: Student Team Achievment Division , Keterampilan Proses Sains, Ekosistem
The study aims to describe the increase in the ability of science processes by using the cooperative learning model of the Student Teams-Achievement Division (STAD), With the Pre-experimental research design, Only requires one class and does not use the control class, the subject of this research is seventh grade students MTs Hidayatul Muta'alimin Lamongan 2017-2018 which number 22 students and the results of this study indicate that there is an increase in science process skills using the learning model student teams achievement division (STAD) this can be seen by the increase in the pretest and posttest based on N-gain results of 0,75 and in the high category while the aspect of science process skills has increased from the first meeting was 63.16 while the second meeting increased 83.5 while the accuracy of Student Teams Achievement Division (STAD), learning has 3,5% increased, students gave a very good 99% response to learning Student Teams Achievement Division (STAD), the conclusion of this study is the application of cooperative learning models Student Teams-Achievement Devision (STAD) can improve science process skills in sub-material ecosystem.
Keywords : Student Team Achievement Division (STAD), Science Process Skills, Ecosystems.