Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui adakah pengaruh
kemandirian belajar terhadap motivasi belajar dan kemampuan
berpikir kritis, serta pengaruh kemandirian belajar terhadap
kemampuan berpikir kritis dengan diintervening variabel motivasi
belajar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitaif
dengan metode ex post facto, dimana mahasiswa Prodi Pendidikan
Administrasi Perkantoran angkatan 2021-2023 menjadi Subjek
dalam penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini sebesar 644
mahasiswa dengan 235 mahasiswa sebagai sampel dari hasil
perhitungan menggunakan teknik proportionate stratified random
sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis
menggunakan analisis outer model, inner model dan uji hipotesis
dengan aplikasi SmartPLS 4.0. Adapun hasil penelitian
menunjukkan bahwa kemandirian belajar berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis, kemandirian
belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi
belajar, motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kemampuan berpikir kritis, dan kemandirian belajar
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir
kritis melalui variabel intervening motivasi belajar.
Kata kunci : belajar, kemandirian belajar, motivasi belajar,
kemampuan berpikir kritis.