Pengembangan Media Video Tutorial Membuat Sulaman Aplikasi Di Kelas XI Tata Busana 3 SMKN 8 Surabaya
Development of Video Tutorial Media Making Embroidery Applications in Class XI Fashion Design 3 SMKN 8 Surabaya
ABSTRAK— Video tutorial merupakan perangkat yang dapat memperkenalkan informasi, menggambarkan proses, memahami ide-ide rumit, menunjukkan keterampilan, menyingkat atau memutar kembali waktu dan memberikan pengaruh sikap yang merupakan variabel penentu bagi siswa untuk menumbuhkan minat terhadap materi yang akan diajarkan serta dapat menimbulkan pikiran, pendapat, perhatian, atau keinginan yang akan mendorong peserta didik untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat validitas media video tutorial ditinjau dari materi dan unsur media, serta untuk mengidentifikasi hasil belajar siswa setelah menerapkan media video tutorial membuat sulaman aplikasi untuk siswa kelas XI Tata Busana 3 SMKN 8 Surabaya. R&D atau Research and Development dengan model pengembangan ADDIE adalah jenis penelitian yang digunakan.
Pada penelitian ini metode pengumpulan data yang diterapkan adalah kuisioner dan lembar observasi. Kuisioner diterapkan untuk mengetahui kevalidan video yang sudah dikembangkan dan lembar observasi diterapkan untuk menghitung hasil belajar peserta didik ranah psikomotor. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar kuisoner validasi dan lembar penilaian psikomotor. Berikut ini adalah hasil penelitian yang sudah dilaksanakan, 1) menurut pendapat ahli materi pengembangan media video tutorial termasuk dalam kategori sangat valid dengan perolehan nilai rata-rata 4,5. Kemudian untuk aspek kualitas media mendapatkan nilai rata-rata 3,93 yang termasuk dalam kriteria valid, pada aspek penggunaan bahasa mendapat nilai kriteria valid dengan nilai rata-rata 3.97 dan aspek layout media termasuk dalam kategori valid dengan perolehan nilai rata-rata 4. 2) hasil belajar siswa dalam kompetensi membuat sulaman aplikasi setelah diterapkan media video tuorial menunjukkan ketuntasan klasikal sebesar 80% yang mana telah melampaui ketuntasan klasikal minimal yang diterapkan di SMKN 8 Surabaya yaitu sebesar 76%.
Kata Kunci: media, video tutorial, sulaman aplikasi
ABSTRACT— Video tutorials are devices that can introduce information, describe processes, understand complex ideas, demonstrate skills, shorten or turn back time and give an attitude influence which is a determining variable for students to grow interest in the material to be taught and can generate thoughts. , opinions, concerns, or desires that will encourage students to learn. This study aims to identify the level of validity of the video tutorial media in terms of material and media elements, as well as to identify student learning outcomes after applying the video tutorial media to make embroidery applications for students of class XI Fashion Design 3 SMKN 8 Surabaya. R&D or Research and Development with the ADDIE development model is the type of research used.
In this study, the data collection methods applied were questionnaires and observation sheets. Questionnaires were applied to determine the validity of the videos that had been developed and observation sheets were applied to calculate student learning outcomes in the psychomotor domain. The research instrument used was a validation questionnaire sheet and a psychomotor assessment sheet. The following are the results of research that has been carried out, 1) according to the expert opinion, video tutorial media development materials are included in the very valid category with an average score of 4.5. Then for the media quality aspect, the average value is 3.93 which is included in the valid criteria, the language use aspect has a valid criterion value with an average value of 3.97 and the media layout aspect is included in the valid category with an average score of 4. 2 ) student learning outcomes in the competence of making application embroidery after application of video tutorials showed classical mastery of 80% which had exceeded the minimum classical mastery applied at SMKN 8 Surabaya, which was 76%.
Keywords: media, video tutorials, application embroidery