Aplication Of Problem Based Learning (PBL) Learning Model to Improve Students' Critical Thinking Skills on Work and Energy Materials Class X MIPA 4 SMAN 1 Gondang
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui penerepan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi Usaha dan Energi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre-eksperimental dengan rancangan one group pre-test dan post-test design. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Gondang dengan desain penelitian satu kelas eksperimen yaitu kelas X MIPA 4. Metode pada penelitian ini menggunakan teknik uji normalitas untuk mengetahui kategori pendistribusian normal, uji homogenitas untuk mengetahui kehomogenan data, uji t- berpasangan untuk mengetahui perbandingan antara nilai pre-test dan nilai post-test, analisis n-gain untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui nilai pre-test dan nilai post-test, serta deskripitif kuantitatif untuk mengetahui serta mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran dengan model PBL. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan model PBL dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan kategori sedang serta keterlaksanaan pembelajaran dengan kategori sangat baik.
Kata kunci : Model pembelajaran PBL; Keterampilan berpikir kritis; Usaha dan Energi
This study aimed to improve students' critical thinking skills through the application of the Problem Based Learning (PBL) learning model in the material of work and energy material. This research used pre-experimental research with one group pre-test design and post-test design. This research was conducted at SMAN 1 Gondang with one experimental class research design, namely class X MIPA 4. The method in this study used the normality test technique to determine the normal distribution category, the homogeneity test to determine the homogeneity data, the paired t- test to determine the comparison between pre-test and post-test scores, n-gain analysis to determine the improvement of students' critical thinking skills through pre-test and post-test scores, as well as quantitative descriptive to identify and describe the feasibility of learning with the PBL model. . The conclusion of this study is that learning with the PBL model can improve students' critical thinking skills with the moderate category and the learning implementation in the very good category.
Keywords : PBL learning model; Critical thinking skill; Work and Energy