Hubungan Media Pembelajaran Daring Dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C PKBM Budi Utama Surabaya
RELATIONSHIP BETWEEN ONLINE LEARNING MEDIA AND LEARNING MOTIVATION OF C PACKAGE STUDENT AT PKBM BUDI UTAMA SURABAYA
Pendidikan menjadi perantara untuk manusia mencapai cita-cita serta memperoleh kebahagiaan dalam kehidupan. PKBM Budi Utama menjadi salah satu lembaga penyelenggara pendidikan non-formal yang menjadi solusi bagi masyarakat untuk dapat belajar dan memiliki pendidikan. Program pendidikan yang diselenggarakan meliputi program kesetaraan paket A, kesetaraan paket B, dan kesetaraan paket C. Kebiasaan pembelajaran baru dengan menggunakan internet yang dilakukan pada saat pasca pandemi COVID-19 yaitu pembelajaran daring yang diterapkan pada PKBM saat ini. Pelaksanaan pembelajaran daring yang dilakukan sangat bergantung pada media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan alat yang digunakan untuk menunjang pelaksanaan pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Motivasi belajar peserta didik sangat memiliki hubungan dengan proses pembelajaran yang dilakukan antara pendidik dan peserta didik. Sehingga penggunaan media pembelajaran daring memiliki dampak pada pengetahuan, dan motivasi belajar peserta didik.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan media pembelajaran daring dengan motivasi belajar peserta didik paket C di PKBM Budi Utama Surabaya. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yaitu dengan menggunakan korelasional. Penentuan jumlah responden penelitian menggunakan teknik Slovin dengan mengambil peserta didik peminatan IPA kelas 12 dengan jumlah 33 peserta didik paket C. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan angket atau kuisioner. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini ialah korelasi Rank Spearman untuk menganalisis hasil angket tersebut. Hasil uji dengan bantuan SPSS 25.0 for windows menunjukkan koefesien korelasi sebesar 0.999 pada interval koefesien korelasi 0,8-1,000 hasilnya adalah sangat kuat hubungan variabel x dengan variebel y. Arah hubungan dari kedua variabel adalah positif dengan nilai positif 0,999. Uji signifikasi mengunakan rank spearman dengan hasil dari nilai p yaitu 0,000 selanjutnya dibandingkan dengan (0,000 < 0,05 ) dapat disimpulkan dari pengujian diatas H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil uji correlation coefficient menunjukkan bahwa (0,99 > 0,356 atau 0.99 > 0,301) H0 ditolak dan Ha diterima.
Hasil penggunaan media pembelajaran daring terendah yaitu matematika dan motivasi belajar terendah pada pelajaran matematika, sehingga semakin rendah media pembelajaran daring maka berdampak pada motivasi belajar peserta didik. Hal ini dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan antara media pembelajaran daring dengan motivasi belajar peserta didik paket C PKBM Budi Utama Surabaya.
Kata Kunci : Media Pembelajaran Daring, Motivasi Belajar
Education becomes an intermediary for humans to achieve their goals and obtain happiness in life. PKBM Budi Utama is one of the institutions providing non-formal education which is a solution for people to be able to learn and have an education. The educational programs being held include package A equivalency, package B equivalency, and package C equivalency. New learning habits using the internet were carried out during the post-COVID-19 pandemic, namely online learning which is applied to the current PKBM. The implementation of online learning is very dependent on learning media. Learning media is a tool used to support the implementation of learning to run well. Student learning motivation has a strong relationship with the learning process carried out between educators and students. So that the use of online learning media has an impact on knowledge, and student learning motivation.
The purpose of this research is to find out the relationship between online learning media and the learning motivation of Package C students at PKBM Budi Utama Surabaya. The research approach used is a quantitative approach and this type of research is using correlation. Determining the number of research respondents used the Slovin technique by taking science specialization students in class 12 with a total of 33 package C students. Data collection techniques were carried out by questionnaires or questionnaires. The analysis used in this study is Spearman's rank correlation to analyze the results of the questionnaire.
The test results with the help of SPSS 25.0 for windows show a correlation coefficient of 0.999 at intervals of 0.8-1.000, the result is a very strong relationship between the x variable and the y variable. The direction of the relationship of the two variables is positive with a positive value of 0.999. Significance test used Spearman’s rank with result of a p-value of 0.000 and the compared to (0.000 < 0.05) it can be concluded from the test above that H0 is rejected and Ha is accepted. The results of the correlation coefficient test show that (0.99 > 0.356 or 0.99 > 0.301) H0 is rejected and Ha is accepted.
The results of using the lowest online learning media are mathematics and the lowest learning motivation is in mathematics, so that the lower the online learning media, the impact on students' learning motivation. It can be concluded that there is a relationship between online learning media and the learning motivation of package C PKBM Budi Utama Surabaya students.
Keywords : Online Learning Media, Learning Motivation