Pengembangan Buku Panduan Konsep Pola untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia 5-6 Tahun
Development of A Pattern Concept Guidebook to Improve the Ability of Logical Thinking of Children 5-6 Years Old
Buku panduan yang menjelaskan mengenai pola masih belum tersedia secara merata. Padahal penggunaan buku panduan sangat penting bagi guru untuk mempermudah mencapai tujuan pembelajaran. Kebanyakan guru masih menggunakan LKA sebagai acuan dalam mengajarkan pola. Sehingga tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan buku panduan yang dapat membantu guru dan anak anak dengan rentang usia 5-6 tahun untuk menstimulasi kemampuan berpikir logisnya melalui kegiatan mengenal pola. Metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah metode R&D (Research and Development), dengan menggunakan model penelitian pengembangan ADDIE, yang meliputi Analyze, Design, Development, Implementattion, dan Evaluation. Desain buku panduan pengenalan pola dicetak dengan ukuran buku A4 yang dilengkapi dengan beberapa kegiatan yang dapat membantu anak mengenal pola sesuai tahapannya. Hasil uji validasi ahli materi yang telah dilakukan memperoleh hasil sebesar 85% sehingga dapat dikatakan bahwa media sangat layak digunakan tanpa revisi. Sedangkan hasil uji ahli media diperoleh hasil sebesar 90% yang menyatakan bahwa media sangat layak dan tidak perlu direvisi. Subjek yang digunakan pada uji coba yaitu 20 anak usia 5-6 tahun, hasil uji coba menujukan bahwa 1) anak mulai mengenal dan memahami berbagai macam pola yang disediakan, 2) anak dapat menjelaskan pola yang ada dihadapannya, 3) anak mampu mengembangkan berbagai macam pola yang disediakan, serta 4) anak mulai menciptakan pola mereka sendiri berdasarkan pola yang sudah ada. Hasil uji keefektifan buku panduan pengenalann pola yang telah diuji menggunakan uji Wilcoxon menunjukan hasil signifikan sebesar 0.00 yang mana lebih kecil dari 0,05. Hal tersebut menunjukan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan buku panduan pengenalan pola untuk anak usia 5-6 tahun. Sehingga kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian pengembangan ini adalah buku panduan pengenalan pola untuk anak usia 5-6 tahun dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis anak serta layak digunakan sebagai salah satu acuan bagi guru untuk kegiatan pembelajaran disekolah.
The use of pattern recognition guidebooks is very important for teachers to help teachers achieve their learning objectives becomes easier. But unfortunately, pattern recognition guidebooks are still not widely available so most teachers still use worksheet as a reference for teaching patterns. To help the teachers achieve learning objectives easier, this research proposes producing a guidebook that can help teachers and children aged 5-6 years to stimulate their logical thinking skills through pattern recognition activities. The Research and Development (R&D) method that is used in this research is the ADDIE development research model which includes Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The pattern recognition guidebook design is equipped with several activities that can help children recognize patterns according to stages and is printed in an A4 size book. The material expert validation test that has been carried out obtained results of 85%, meaning that the media is suitable to use without revision needed. While the media expert test obtained results of 90%, meaning that the media fits to use without revision needed. 20 children aged 5-6 years are used as the subjects for the trial. The trial shows that 1) children began to recognize and understand the various patterns provided, 2) children could explain the patterns that were in front of them, 3) children were able to develop various kinds of patterns provided, and 4) children begin to create patterns based on existing patterns. The effectiveness test of the pattern recognition guidebook has been conducted by using the Wilcoxon test and shows a significant result, 0.00 which is smaller than 0.05. The results show that the pattern recognition guidebook could impact children aged 5-6 years. The pattern recognition guidebook for children aged 5-6 years can be used to improve children's logical thinking skills and is suitable to be used as a reference for teachers for learning activities at school.