Prediksi Kepribadian Pengguna Instagram Berdasarkan Model Big Five Personality Menggunakan Algoritma SVM
Instagram's User Personality Prediction Based On Big Five Personality Model Using SVM Algorithm
Popularitas media sosial Instagram terus merangkak naik sejak debutnya pada tahun 2010. Popularitas tersebut membuat Instagram menjadi media sosial terbesar di dunia di samping Facebook dan Twitter. Kini sebagian besar perusahaan mulai menggunakan media sosial sebagai salah satu aspek untuk menilai kepribadian pelamar. Analisis kepribadian dapat dilakukan dengan mengamati aktivitas di media sosial. Hal ini menjadi alasan dibalik pentingnya pembuatan sistem prediksi kepribadian otomatis berdasarkan aktivitas di media sosial. Instagram dipilih sebagai sumber data pada penelitian ini, dan Big Five Personality dipilih sebagai model kepribadian untuk pelabelan data. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan tes kepribadian terhadap 191 pengguna Instagram, kemudian melakukan crawling feed akun Instagram menggunakan API Instagram. Berdasarkan hasil pengujian sistem, kombinasi algoritma Support Vector Machine dengan kernel RBF dan Bayesian Optimization mampu menghasilkan akurasi mencapai 60.34%, presisi 30.17%, dan recall 50% untuk mengklasifikasi kepribadian pengguna Instagram
Social media Instagram continues to grow in popularity since its debut in 2010. Because of its popularity, Instagram has become the largest social media in the world besides Facebook and Twitter. Now most companies are starting to use social media as one of aspect to assess applicants’s personality. Personality analysis can be done by observing their activities on social media. This is why making automatic personality prediction systems based on activities on social media is important. Instagram was chosen as data source in this study, and Big Five Personality was chosen as personality model for data labeling. Data collection is done by conducting personality tests on 191 Instagram users, then crawling Instagram account feeds using Instagram API. Based on system testing result, combination of Support Vector Machine algorithm with RBF kernel and Bayesian Optimization can achieve accuracy 60.34%, precision 30.17%, and recall 50% to classify Instagram’s user personalities.