Pengaruh Social Media Marketing Pada Instagram Stasiun Dangdut JTV Terhadap Brand Awareness JTV Surabaya
The Influence of Social Media Marketing on JTV Dangdut Station Instagram on JTV Surabaya Brand Awareness
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara social media marketing pada Instagram Stasiun Dangdut JTV terhadap brand awareness JTV Surabaya. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode penelitian analisis pengaruh. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui optimalisasi dari adanya social media marketing yakni dengan mengukur tingkat brand awareness yang telah didapatkan oleh pengikut Instagram Stasiun Dangdut JTV Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan program televisi lokal Stasiun Dangdut JTV Surabaya telah memanfaatkan media sosial Instagram miliknya dengan baik sehingga dapat mempengaruhi pengikutnya yakni menimbulkan kesadaran merek tahap akhir yaitu Puncak Pikiran (Top of Mind) hingga dapat memasukkan merek JTV Rek (Surabaya) ke dalam kategori pelopor program dangdut stasiun televisi lokal.
Kata Kunci: Social Media Marketing, Program Media, Brand Awareness, Instagram
The purpose of this study is to determine whether there is a significant influence between social media marketing on JTV Dangdut Station Instagram on JTV Surabaya brand awareness. The research method in this study is to use a descriptive quantitative approach with an influence analysis research method. This study aims to determine the optimization of social media marketing, namely by measuring the level of brand awareness that has been obtained by Instagram followers of JTV Surabaya Dangdut Station. The results showed that the local television program JTV Surabaya Dangdut Station has made good use of its Instagram social media so that it can influence its followers, namely causing brand awareness in the final stage, namely Puncak Pikiran (Top of Mind) to be able to enter the JTV Rek (Surabaya) brand into the pioneer category of local television station dangdut programs.
Keywords: Social Media Marketing, Media Program, Brand Awareness, Instagram