The Use of Audio Media vs. Audio-Visual Media in Teaching Listening
Mendengarkan adalah aktifitas menerima informasi dari pembicara, menginterpretasikan maknanya, dan memberikan respon. Dalam proses pembelajaran, mendengarkan memiliki peran penting karna menjadi masukan untuk aktivitas berbicara. Dalam aktivitas mendengarkan, ada dua macam media yang umumnya digunakan, media audio yang hanya terdiri dari audio dan media audio visual yang terdiri dari audio dan visual.
Penelitian ini bertujuan membandingkan manakah yang lebih efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa, media audio atau audio visual media. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain kuasi-eksperimental. Penelitian dilaksanakan di sekolah menengah kejuruan negeri terhadap dua kelas dari kelas 10 dalam empat pertemuan; try-out, pre-test, treatmen, dan post-test. Peneliti menggunakan tes untuk mengumpulkan data. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan Mann-Whitney test karena data tidak berdistribusi normal. Peneliti juga mengecek reliabilitas dan validitas data.
Hasil pre-test menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan antara siswa yang diajar menggunakan media audio dan media audio visual. Nilai asymptotic significance yaitu .804 dimana lebih besar dari .05. Ini berarti kemampuan kedua kelas adalah hampir sama. Selanjutnya, hasil post-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara media audio dan media audio visual. Nilai asymptotic significance yaitu .012 < .05 dengan median dari media audio yaitu 68.00 dan media audio visual yaitu 74.00. Hal ini menunjukkan bahwa median dari media audio visual lebih tinggi daripada media audio. Kesimpulannya, media audio visual lebih efektif digunakan dalam proses pembelajaran daripada media audio. Disamping itu, media audio visual dapat membantu siswa dalam memahami materi dengan mudah.
Kata Kunci: Mendengarkan. Media Audio, Media Audio-Visual.
Listening is the activity of receiving the information from the speaker, interpreting the meaning, and giving responds. In pedagogical process, listening take the important role because it becomes the input of speaking activity. In listening activity, there are two media that are commonly used, audio media which provides audio only and audio-visual media which provides audio and visual.
This research is to compare which is more effective to improve students’ understanding, audio media or audio-visual media. This research used quantitative method with quasi-experimental design. It conducted in one of public vocational school with two classes of tenth grade in four meetings; try-out, pre-test, treatment, and post-test. The researcher used test to collect the data. To analyze the data, the researcher used Mann-Whitney test because the data was not normally distributed. The researcher also checked the reliability and validity of the test.
The result of pre-test showed that there was not difference between students who was taught using audio media and audio-visual media. The value of asymptotic significance was .804 which more than .05. It meant that the ability between those two classes was similar. Furthermore, the result of post-test showed that there was difference between audio media and audio-visual media. The asymptotic significance of post-test was .012 < .05 with the median of audio media was 68.00 and audio-visual media was 74.00. It meant that the median of audio-visual media was higher than audio media. In conclusion, audio-visual media is more effective to be used in pedagogical process than audio media. Moreover, audio-visual media can help the students to understand the material easily.
Keywords: Listening, Audio Media, Audio-Visual Media.