Five-Tier Diagnostic Test Instrument for Uniform Circular Motion Concepts: Development, Validity, Reliability and Limited Trials
Pemahaman seorang siswa terhadap suatu konsep Fisika mungkin berbeda dengan pemahaman siswa lainnya. Menurut tes diagnostik konsepsi, khususnya yang berformat five-tier (terdiri dari opsi jawaban-tingkat keyakinan jawaban-alasan jawaban-tingkat keyakinan alasan-pertanyaan terbuka) pemahaman siswa yang berbeda-beda tersebut dapat dikategorikan dalam level konsepsi. Salah satu level konsepsi tersebut adalah miskonsepsi. Sebagai contoh, siswa menganggap semua benda yang bergerak pada lintasan berbentuk lingkaran mengalami gerak melingkar beraturan (GMB). Sementara menurut konsep Fisika, benda baru dikatakan mengalami GMB apabila memenuhi tiga syarat yaitu benda bergerak pada lintasan lingkaran, jarak antara benda ke pusat lingkaran selalu tetap dan benda bergerak dengan kelajuan konstan. Namun sayang, sejauh ini, tes diagnostik level konsepsi Fisika berformat five-tier yang baku belum tersedia. Penelitian ini melaporkan hasil pengembangan instrumen tes diagnostik level konsepsi berformat five-tier untuk konsep GMB lalu menguji tingkat validitas dan reliabilitasnya serta melakukan uji terbatas kepada sejumlah siswa untuk mengidentifikasi level konsepsi mereka. Untuk itu metode Research & Development dipilih dan dihasilkan 15 butir soal yang valid. Uji validitas terdiri dari uji validitas internal dan eksternal (empiris isi dan konstruk). Validitas internal diperoleh 88 % (sangat valid). Validitas eksternal empiris isi, false positive 4,95 % dan false negative 5,59 %, memenuhi <10% yang disyaratkan. Validitas empiris konstruk diperoleh korelasi Pearson Product Moment (taraf signifikansi 5 %). Tingkat reliabilitas koefisien Alpha Cronbach artinya instrumen yang dikembangkan telah valid dan reliabel. Hasil uji terbatas menunjukkan bahwa secara umum level konsepsi seluruh siswa uji adalah lack of knowledge untuk konsep GMB.
Students' understanding on Physics concepts could be different from each other. Based on the conceptual diagnostic test, especially in five-tier format, the students' different understanding can be categorized into several conception levels. One of them is misconception. For example, students consider that all objects moving on a circular trajectory called uniform circular motion (UCM). According to the Physics concept, an object in UCM must meet three criteria: an object travels along a circular path, the radius of the path is always fixed and the object moves at a constant speed. However, a standardized conceptual diagnostic test instrument in five-tier format is not yet available. This work aims to develop a five-tier diagnostic test instrument for UCM concepts, perform validity and reliability test and use the developed instrument to identify a number of students’ conception level. Research & development method was followed to produce 15 valid and reliable questions. The validity test consists of internal and external (content and construct empirical) aspects. The internal validity of 88% (very valid) was obtained. The content aspect, i.e. the false positive=4.95% and the false negative=5.59% both met the criteria <10%. The construct aspect was obtained by a Pearson product moment correlation (5% sig. level). The reliability level of the Alpha Cronbach coefficient shows that the developed instrument was valid and reliable. The limited trial result shows that the students’ conception levels on the UCM concepts was generally lack of knowledge.