Sosialisasi tertib lalu lintas merupakan kegiatan yang aktif dilakukan Polres Jombang di Sekolah-sekolah di Kabupaten Jombang. Tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan kedisiplinan berlalu lintas pelajar di Kabupaten Jombang. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat keefektifan sosialisasi tertib lalu lintas Polres Jombang dalam meningkatkan kedisiplinan berlalu lintas pelajar di Kabupaten Jombang.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori karakter dari Thomas Lickona. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasinya adalah seluruh pelajar SMA di kabupaten Jombang dengan sampel sebanyak 104 pelajar. Penarikan sampel menggunakan teknik simple random sampling sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Dari 104 pelajar tersebut dibagi menjadi dua yaitu kelas kontrol (pelajar yang tidak perna mengikuti sosialisasi tertib lalu lintas) sebanyak 42 pelajar dan kelas eksperimen (pelajar yang pernah mengikuti sosialisasi tertib lalu lintas) sebanyak 62 pelajar.
Berdasarkan hasil angket mengenai kedisiplinan berlalu lintas pelajar di Kabupaten Jombang, pelajar yang pernah mengikuti sosialisasi tertib lalu lintas memiliki tingkat kedisipinan lebih tinggi dari pada pelajar yang tidak pernah mengikuti sosialisasi tertib lalu lintas. Selain iti analisis yang diperoleh dari uji statistik dengan menggunakan taraf kesalahan 5% yang menghasilkan perbedaan Lhitung lebih kecil dari Ltabel yakni 0,00042 < 2,018. Hasil tersebut menunjukan kegiatan sosialisasi tertiib lalu lintas polres jombang efektif dalam meningkatkan kedisiplinan berlalu lintas pelajar di kabupaten Jombang
Kata kunci : Efektivitas, Sosialisasi tertib lalu lintas, Sikap Disiplin lalu lintas
Orderly traffic socialization is an active activity which carried out by Polres Jombang for every schools in Jombang. The purpose of this socialization is to improving student's traffic discipline in Jombang. This research used to quantify the effectiveness of orderly traffic socialization from Polres jombang
In increasing student's traffic discipline in Jombang. This researchused the theory of characters from ThomasLickona. The research used aquantitative approach with descriptive type of research. The object of this research is all senior high school students in Jombang with 104 students sample. Sampling uses a simple random sampling technique while the technique for collecting data uses aquestionnaire. Of the 104 students divided into two, namely the control class (students who never attended the orderly socialization of traffic) as many as 42 students and the experimental class (students who had attended orderly socialization of traffic) were 62 students.
The results of the research regarding the discipline of student traffic in Jombang Regency, students who have attended orderly socialization of traffic have a higher level of discipline than students who have never attended orderly socialization of traffic. In addition to this analysis obtained from statistical tests using a 5% error level which produces a difference in Lh smaller than Lt which is 0,00042 <2,018. and it can be concluded that the orderly traffic socialization activities by Polres Jombang are very effective in increasing student's traffic discipline in Jombang.
Keywords : Effectiveness, Orderly traffic socialization, Attitude of traffic discipline