Aalisis Pelaksanaan Pembelajaran Sains Dalam Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia 5-6 Tahun
Analisys Of The Implementation Of Science In Critical Thinking Ability In Children 5-6 Years Old.
Berpikir kritis diperlukan anak usia dini sehingga dapat merangsang keingintahuannya serta memudahkan anak dalam mempelajari sesuatu. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, dapat ditempuh melaluiberagam metode, salah satunya dengan menggunakan pembelajaran sains. Hal ini dikarenakan pembelajaran sains meliputi metode eksperimen yang membuat anak secara langsung mencoba sesuatu. Sementara setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam berpikir kritis walaupun dengan pembelajaran yang sama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis anak setelah penerapan pembelajaran sains pada anak usia 5-6 tahun di Idhata Labschool Unesa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskripsi. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi kemudian dianalisis melalui analisis domain, dan taksonomi.
Kata Kunci : berpikir kritis, sains, anak usia 5-6
Critical thinking is needed in early childhood so that it can stimulate their curiosity and make it easier for children to learn something. To improve critical thinking skills, it can be achieved through various methods, one of which is by using science learning. This is because science learning includes experimental methods that make children directly try something. Meanwhile, each child has different abilities in critical thinking even with the same learning. The purpose of this study was to describe the improvement of children critical thinking skills after the application of science learning to children aged 5-6 years at TK Idhata Labschool. The approach used in this study is a qualitative approach with a case study method. Data collection is carried out through observation techniques, interviews, and documentation then analyzed through domain analysis, and taxonomy.
Keywords: critical thinking, science, children aged 5-6 years