Personifikasi Pada Teks Iklan PUMA
Personification in PUMA Ad Texts
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan jenis personifikasi berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Langermann dan Braak pada teks iklan PUMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan Teknik dokumentasi untuk pengumpulan data penelitian. Data yang diperoleh pada penelitian ini berupa kalimat, frasa, atau kata yang terindikasi bentuk dan jenis personifikasi pada sumber data berupa enam teks iklan PUMA. Bentuk personifikasi pada teks iklan PUMA yaitu sebanyak 15 data, masing-masing data bentuk personifikasi pada teks iklan PUMA menggambarkan keunggulan produk-produk milik PUMA. Jenis personifikasi pada teks iklan PUMA diklasifikasikan menjadi dua jenis yakni Einfache Belebung eines Dinges oder eines Abstraktums (Animasi sederhana dari suatu benda mati atau suatu abstrak) dan Anschauliche Personifikation (Personifikasi nyata).
Kata kunci: bentuk personifikasi, jenis personifikasi, personifikasi
This study aims to describe the form and type of personification based on the theory proposed by Langermann and Braak in PUMA advertising texts. This research uses descriptive qualitative method with documentation technique for data collection. The data obtained in this research are in the form of sentences, phrases, or words that indicate the form and type of personification in the data sources in the form of six PUMA advertising texts. The form of personification in PUMA advertising texts is 15 data, each data of personification form in PUMA advertising texts describes the advantages of PUMA's products. The types of personification in PUMA advertising texts are classified into two types, namely Einfache Belebung eines Dinges oder eines Abstraktums (Simple animation of an inanimate object or an abstract) and Anschauliche Personifikation (Real Personification).
Keywords: forms of personification, personification, types of personification