Kualitas kegiatan pembelajaran dipengaruhi oleh MP yang tepat untuk meningkatkan kreativitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis KRP, KRS dan KRK bagi siswa yang dibelajarkan dengan CRBLM dan DI pada mata pelajaran DD-PW di SMK Negeri 3 Blitar, menganalisis KRP, KRS dan KRK bagi siswa yang mempunyai tingkat kreativitas tinggi dibanding siswa yang mempunyai tingkat kreativitas rendah pada mata pelajaran dasar desain di SMK Negeri 3 Blitar, menganalisis interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan kreativitas terhadap KRP, KRS dan KRK pada mata pelajaran dasar desain di SMK Negeri 3 Blitar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen, yang bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran Creative Responsibility Based Learning (CRBLM) dan model pembelajaran Direct Intruction (DI) terhadap kreativitas serta kompetensi siswa. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain faktorial. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 3 Blitar pada Tahun 2018/2019. Adapun yang menjadi subyek penelitian adalah siswa kelas X TB 1 dan TB 2. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Instrumen pengumpulan data berupa ITKRP, ILOKRS, dan ITKKRK.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) terdapat perbedaan KRP, KRS dan KRK bagi siswa yang dibelajarkan dengan CRBLM lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan DI pada mata pelajaran DD-PW di SMK Negeri 3 Blitar; (2) terdapat perbedaan KRP, KRS dan KRK bagi siswa yang mempunyai tingkat kreativitas tinggi dibanding siswa yang mempunyai tingkat kreativitas rendah pada mata pelajaran DD-PW di SMK Negeri 3 Blitar, dan (3) terdapat interaksi antara penggunaan MP dan kreativitas terhadap KRP, KRS dan KRK pada mata pelajaran DD-PW di SMK Negeri 3 Blitar. Berdasarkan kesimpulan di atas secara keseluruhan menunjukkan terdapat perbedaan penerapan model pembelajaran, tingkat kreativitas dan interaksi antara penggunaan MP dan kreativitas terhadap kompetensi siswa.
The quality of learning activities is influenced by the right MP to improve student’s creativity. This study aims to analyze the KRP, KRS and KRK for students who are taught with CRBLM and DI on DD-PW subjects at SMK Negeri 3 Blitar, analyzing the KRP, KRS and KRK for student who have a high level of creativity compared to student who have a low level of creativity in the basic design subjects at SMK Negeri 3 Blitar, analyzing the interaction between the use of learning and creativity models on KRP, KRS and KRK in the basic design subjects at SMK Negeri 3 Blitar.
This type of research is quasi-experimental research, which aims to examine the effect of the Creative Responsibility Based Learning (CRBLM) model and the Direct Instruction (DI) learning model on student creativity and competence. The research design used in this study is factorial design. The research was conducted at SMK Negeri 3 Blitar in 2018/2019. The study subjects were students of class X TB 1 and TB 2. Data collection techniques were carried out by observation and testing. The instrument for data collection is in the form of ITKRP, ILOKRS, and ITKKRK.
This study conclusion are: (1) there are differences in PPP, KRS and KRK for students who were taught with CRBLM significantly higher than students who were taught with DI on DD-PW subjects at SMK Negeri 3 Blitar; (2) there are differences in KRP, KRS and KRK for students who have a high level of creativity compared to students who have a low level of creativity in DD-PW subjects at SMK Negeri 3 Blitar, and (3) there is an interaction between MP use and creativity towards KRP, KRS and KRK on DD-PW subjects at SMK Negeri 3 Blitar. Based on the conclusions there are differences in the application of the learning model, the level of creativity and the interaction between the use of MP and creativity towards student’s competence.