PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk (PT. SMART Tbk) yang didirikan pada tahun 1962 ini merupakan salah satu perusahaan publik produk konsumen berbasis kelapa sawit yang terintegrasi dan terkemuka di Indonesia yang berkomitmen pada produksi minyak sawit yang berkelanjutan. Sampai saat ini perusahaan sudah mengoperasikan 16 pabrik kelapa sawit, 5 pabrik pengolahan inti sawit dan 4 pabrik rafinasi di Indonesia. Visi dari perusahaan ini adalah menjadi perusahaan agribisnis dan produk konsumen global yang terintegrasi dan terbaik - menjadi mitra pilihan.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja karyawan melalui komitmen afektif. Penelitian ini adalah penelitian kausal dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh dengan 55 responden. Structural Equation Modeling dengan software SmartPLS digunakan sebagai alat analisis statistik. Skala pengukuran penelitian ini menggunakan skala likert.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa budaya organisasi berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Budaya organisasi berpengaruh terhadap komitmen afektif. Komitmen afektif tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Budaya organisasi tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan melalui komitmen afektif.
Kata kunci : Budaya Organisasi, Komitmen Afektif, Kinerja Karyawan.
PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk (PT. SMART Tbk), which was founded in 1962, is the leading integrated and leading public palm oil consumer product companies in Indonesia that committed to sustainable palm oil production. Until now the company has operated 16 palm oil mills, 5 palm kernel processing factories and 4 refinery factories in Indonesia. The vision of this company is to become an integrated and best global agribusiness and consumer product company - a partner of choice.
This study aims to examine and analyze the influence of organizational culture on employee performance through commitment affective. This research is causal research and uses a quantitative approach. The sampling technique uses saturated samples with 55 respondents. Structural Equation Modeling with SmartPLS software used as a statistical analysis tool. The measurement scale of this study uses a likert scale.
The results of this study indicate organizational culture influences employee performance. Organizational culture influences affective commitment. Affective commitment does not affect employee performance. Organizational culture has no effect on employee performance through affective commitment.
Keywords: Organizational Culture, Affective Commitment, Employee Performance.