Sekolah sebagai lembaga pendidikan berperan penting dalam menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualifikasi dan memiliki kompetensi tinggi. Untuk menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas, maka sekolah perlu berkontribusi positif dengan melakukan pembelajaran yang dapat menunjang proses belajar mengajar agar peserta didik secara aktif dapat mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya. Sebagai upaya untuk mengetahui sejauh mana proses pembelajaran yang ada di sekolah berjalan dengan baik perlu ada tolok ukur yang jelas.
Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh orientasi produk dalam teaching factory dan minat wirausaha terhadap prestasi belajar siswa Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah 71 responden. Data di analisis menggunakan program SPSS.21.0. Berdasarkan hasil analisis data pada uji T variabel orientasi produk dalam teaching factory secara parsial berpengaruh terhadap variabel prestasi belajar siswa sebesar 0,001, serta variabel minat wirausaha secara parsial berpengaruh terhadap variabel prestasi belajar sebesar 5,506. Pada hasil Uji F menunjukkan nilai Fhitung sebesar 38,154. Nilai signifikan variabel orientasi produk dalam teaching factory dan minat wirausaha terhadap prestasi belajar siswa diperoleh sebesar 0,000. Nilai signifikan ini lebih kecil dari nilai alpha yaitu 0,05 dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, artinya orientasi produk dalam teaching factory dan minat wirausaha secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Adapun besarnya pengaruh orientasi produk dalam teaching factory dan minat wirausaha terhadap prestasi belajar siswa yaitu sebesar 38,1%. Hal ini dapat dimaknai bahwa dengan adanya orientasi produk teaching factory dan minat wirausaha dalam diri siswa dapat menjadi seuatu dorongan, dukungan dan berkontribusi positif terhadap pencapaian prestasi belajar siswa secara lebih baik dan optimal.
Kata Kunci : orientasi produk teaching factory, minat wirausaha, prestasi belajar
The school as educational institutions play an important role in producing highly qualified and highly competed Human Resources (HR). To prepare quality human resources, the school needs to contribute positively by conducted learning that can support the teaching and learning process so that students can actively developed the potential that exists within themselves. In an effort to find out the extent to which the learning process in the school is going well, there must be clear benchmarks.
The study was conducted to examine the effect of product orientation in teaching factory and entrepreneurial interested on student achievement in Competence of Daring and Marketing Business Skills in SMK Negeri 1 Surabaya. This study used a quantitative method with a total of 71 respondents. A data was analyzed using the SPSS. 21.0 program. Based on the results of data analysis on the T test the product orientation in teaching factory variable partially influences the student learning achievement variable of 0.001, and the entrepreneurial interest variable partially influenced the learning achievement variable at 5,506. The results of the F value of 38,154. The significant value of teaching factory learning variables and entrepreneurial interest in student learning achievement was obtained at 0,000. This significant value is smaller than the alpha value of 0,05, so H0 is rejected and H1 is accepted, meaning of teaching factory learning and entrepreneurial interest together influence the learning achievement of class X Daring and Marketing Business Competency at SMK Negeri 1 Surabaya. As for the magnitude of the influence of the product orientation in teaching factory and entrepreneurial interests on student learning achievement, which amounted to 38,1%. This can be interpreted that with product orientation in teaching factory and entrepreneurial interest in students can be an encouragement, support and positive contribution to the achievement of student learning achievement better and optimally.
Keywords: product orientation in teaching factory , entrepreneurial interest, learning achivement