PERAN ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KARAKTER TANGGUNG JAWAB ANAK SMP PADA ERA PANDEMI DI DESA SAJEN
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam membentuk karakter tanggung jawab anak SMP pada Era Pandemi di Desa Sajen serta mengetahui faktor – faktor yang berpengaruh dalam pelaksanaan peran orang tua. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak di jenjang SMP dengan jumlah informan lima orang. Penelitian ini dilakukan di Desa Sajen. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orang tua untuk membentuk karakter tanggung jawab anak SMP pada era pandemi. Landasan teori dalam penelitian ini adalah teori peran (Role Theory) dari Biddle dan Thomas. Hasil penelitian ini mendeskripsikan bahwa peran orang tua dalam membentuk karakter tanggung jawab anak SMP pada era pandemi adalah sebagai pendidik, pembimbing, motivator, fasilitator dan sahabat. Peran tersebut dapat diaplikasikan seperti mengarahkan bakat dan minat anak, memberikan pengajaran kepada anak serta memberikan dorongan agar anak semangat dalam belajar. Faktor yang berpengaruh terhadap peran orang tua meliputi perbedaan jenjang sekolah, tingkat ekonomi dan ketersediaan waktu. Keterkaitan antara teori peran dengan penelitian ini adalah adanya harapan pada pelaksanaan peran yang dilakukan orang tua terkait akan karakter anak. Norma, yang dikaitkan melalui aturan yang diberikan orang tua kepada anak. Wujud Perilaku, dikaitkan melalui aksi nyata orang tua dalam menjalankan segala peranannya sehingga anak menghasilkan perilaku sesuai dengan karakter yang diharapkan. Penilaian dan sanksi, dikaitkan dengan penilaian orang tua terhadap karakter anak yang dihasilkan sehingga apabila menyimpang dari harapan orang tua akan diberikan sanksi.
Kata kunci : peran orang tua, karakter tanggung jawab, era pandemi.
This research for describing role of parents who created responsibility junior high school characters at pandemic in Sajen Village and for knowing factors that given impact when do this role. This research using a qualitative research approach with a descriptive design. Informants in this research are parents who have child in the junior high school with the five informants. This research did in Sajen village. Data collected by in-depth interview, observation, and documentation. This research focus on role of parents in building responsibility character and impact factors when implemented it. This research using Role Theory from Biddle and Thomas. The source is parents having role like a educator, mentor, motivator, facilitator, and like a friend. This role such a giving an instruction of talent and interest, giving a motivation so the children will be happy when study. There were factors what giving impact like a change of education, the economic level, time availability. Connection between role theory and this research is parents wishes for doing the role in this character. Norm, like a rule from parents to children. Performances, like by doing all of the role and it giving good character in life. Evaluation and sanction , like an evaluation of parents to children character and if deviate, they get a sanction.
Keyword: role of parents, responsibility character, pandemic era