Studi Literatur Pengembangan Simulator Kamera untuk Media Pembelajaran
Literature Study of Camera Simulator Development for Learning Media
Penggunaan teknologi untuk mengembangkan media belajar saat ini sudah bertambah pesat salah satunya pengembangan media pembelajaran simulator. Media pembelajaran simulator dapat menyimulasikan keadaan seperti nyata. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengetahui perbandingan pengembangan simulator kamera yang dikembangkan dengan berbagai aplikasi serta fitur didalamnya. Selain itu juga untuk membandingkan hasil belajar yang diperoleh setelah pengembangan simulator kamera sebagai media pembelajaran. Pencarian jurnal dilakukan dengan beberapa seleksi dan melalui berbagai tahapan yang kemudian diperoleh 8 (delapan) jurnal yang sesuai dengan topik pembahasan. Berdasarkan hasil studi yang dilakukan diperoleh terdapat 3 (tiga) fitur utama dalam simulator kamera sebagai dasar fotografi yaitu ISO, aperture, dan shutter speed. Terdapat 2 (dua) simulator kamera yang memiliki semua komponen dasar fotografi, serta 2 (dua) simulator tata cahaya fotografi berbasis Augmented Reality dan 1 (satu) simulator yang memiliki fitur real-time kamera yang dikembangkan dengan Unity 3D. Peningkatan hasil belajar juga memperoleh rata-rata nilai >80 setelah penggunaan simulator kamera sebagai media pembelajaran.
Kata Kunci : Simulator Kamera, Media Pembelajaran, Hasil Belajar
The use of technology to develop learning media is currently growing rapidly, one of which is the development of simulator learning media. The simulator learning media can simulate real situations. The purpose of this study is to compare the development of a camera simulator that was developed with various applications and features in it. In addition, to compare the learning outcomes obtained after the development of the camera simulator as a learning medium. The search for journals was carried out by several selections and through various stages which were then obtained 8 (eight) journals according to the topic of discussion. Based on the results of the study conducted, it is obtained that there are 3 (three) main features in the camera simulator as the basis for photography, namely ISO, aperture, and shutter speed. There are 2 (two) camera simulators that have all the basic components of photography, as well as 2 (two) Augmented Reality-based photography lighting simulators and 1 (one) simulator that has real-time camera features developed with Unity 3D. The increase in learning outcomes also obtained an average score of >80 after using the camera simulator as a learning medium.
Keywords : Camera Simulator, Learning Media, Learning Outcomes