ABSTRAK Zulfannur, 2025. Pengaruh Problem Solving Skill, Communication Skill,
dan Collaboration Skill terhadap Kesiapan Kerja Siswa Teknik Kendaraan Ringan
(TKR) SMKN Se-Kabupaten Bojonegoro . Tesis,
Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Pascasarjana, Universitas
Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) P rof. Dr.
Soeryanto, M.Pd. Pembimbing: ( II ) Prof. Dr. Joko, M.Pd., M.T.
Kata Kunci: Problem Solving Skill, Communication Skill,
Collaboration Skill, Kesiapan Kerja
Kesiapan kerja
dianggap sangat penting bagi penyedia tenaga kerja. Untuk memenuhi kebutuhan
dunia pekerjaan, maka penting bagi sekolah khususnya SMK
membekali siswa dengan beberapa
keterampilan utama yang diperlukan pada abad ke-21, seperti pemecahan masalah,
berkomunikasi, serta berkolaborasi .
Tujuan
penelitian ini adalah untuk menganalisis: (1) a da tidaknya pengaruh problem
solving skill terhadap kesiapan kerja siswa TKR SMKN se-Kabupaten Bojonegoro, (2) a da tidaknya pengaruh communication
skill terhadap kesiapan kerja siswa TKR SMKN se-Kabupaten Bojonegoro , (3) a da tidaknya pengaruh collaboration skill terhadap kesiapan kerja
siswa TKR SMKN se-Kabupaten Bojonegoro , dan (4) ada tidaknya pengaruh problem solving
skill , communication skill , collaboration skill secara
bersama terhadap kesiapan kerja siswa TKR SMKN se-Kabupaten Bojonegoro.
Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif jenis survey .
Populasi dalam penelitian ini adalah
semua siswa kelas XII program keahlian TKR SMKN se-Kabupaten Bojonegoro
berjumlah 1152 siswa , sedangkan sampel penelitian sebanyak 297 siswa, atau sampel
sebesar 26% dari populasi semua siswa SMKN yang tersebar di Bojonegoro .
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah validasi isi angket oleh ahli dan angket siswa .
Instrumen yang digunakan adalah lembar angket siswa yang terdiri dari angket kesiapan kerja, angket problem solving skill , angket communication skill , dan angket collaboration skill .
Uji prasyarat analisis meliputi:
(1) normalitas, (2)
multikolinieritas, dan (3) heteroskedastisitas ,
sedangkan teknik analisis data
menggunakan analisis regresi linier berganda
menggunakan uji f.
Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh problem solving skill terhadap kesiapan kerja siswa TKR SMKN
se-Kabupaten Bojonegoro dengan nilai
thitung
sebesar 11,12> 1,97 , (2) terdapat pengaruh communication skill terhadap kesiapan kerja
siswa TKR SMKN se-Kabupaten Bojonegoro , nilai thitung
sebesar 2,41> 1,97, (3)
terdapat pengaruh collaboration
skill terhadap kesiapan kerja siswa TKR SMKN se-Kabupaten Bojonegoro , nilai thitung
sebesar 2,37 > 1,97, dan
(4) Terdapat pengaruh yang
signifikan secara bersama problem solving
skill , communication skill , collaboration
skill terhadap kesiapan kerja siswa TKR SMKN se-Kabupaten Bojonegoro , nilai
fhitung
problem solving skill , communication skill , dan collaboration skill sebesar 197,59 > 2,64 .
Persentase pengaruh yang diberikan problem solving skill , communication skill , dan collaboration skill secara simultan
terhadap kesiapan kerja adalah sebesar 66,9%. P ersentase
pengaruh yang diberikan problem solving
skill terhadap variabel kesiapan kerja adalah sebesar 46,09 %, persentase pengaruh yang diberikan communication skill terhadap kesiapan
kerja adalah sebesar 11,23 %, dan persentase
pengaruh yang diberikan collaboration
skill terhadap kesiapan kerja adalah sebesar 9,56 %.
Kontribusi sumbangan paling besar adalah variabel problem solving skill dibandingkan dengan dua variabel lainnya .
Penelitian ini
berimplikasi pada pentingnya peningkatan keterampilan abad ke-21 khususnya
dalam problem solving , komunikasi,
dan kolaborasi, untuk mempersiapkan siswa TKR SMKN menghadapi dunia kerja.
Program pendidikan dan pelatihan dapat lebih difokuskan pada pengembangan
keterampilan ini secara terintegrasi agar siswa lebih siap dan kompetitif dalam
memasuki dunia kerja .