Pengembangan LKPD Berbasis Laboratorium Virtual untuk Melatih Sikap Ilmiah pada Materi Fotosintesis
The Development of Student Worksheet Based on Virtual Laboratory to Train Scientific Attitude on Photosynthesis Concepts
Abstrak
Fotosintesis merupakan salah satu materi yang dapat dibuktikan kebenarannya sehingga menjadi pilihan materi yang tepat untuk melaksanakan kegiatan praktikum. Berdasarkan survei yang dilakukan pada peserta didik kelas XI MIPA dan XII MIPA di SMAN 8 Surabaya diperoleh hasil bahwa 89,5% dari mereka belum pernah melaksanakan kegiatan praktikum riil. Selain itu, salah satu faktor penyebab rendahnya kegiatan praktikum adalah karena guru mengalami kesulitan dalam menyusun penuntun praktikum. Hal ini menyebabkan sikap ilmiah peserta didik menjadi rendah. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu bentuk alternatif berupa pengembangan LKPD berbasis laboratorium virtual untuk melatihkan sikap ilmiah sebagai media pembelajaran sekaligus sarana pralab bagi peserta didik sebelum memulai praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis laboratorium virtual untuk melatihkan sikap ilmiah pada materi fotosintesis yang layak dalam aspek validitas, kepraktisan, dan keefektifan untuk melatihkan sikap ilmiah peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode 4D (Define, Design, Develop, dan Dissaminate) yang telah dilakukan uji coba pada 25 peserta didik kelas XII SMAN 1 Sampang. Hasil penelitian pada aspek validitas memperoleh memperoleh presentase 83,33%, dengan kategori layak, aspek kepraktisan berdasarkan keterlaksanaan LKPD 85,58% dan keterbacaan LKPD berada pada level 12, serta aspek keefektifan berdasarkan hasil belajar peserta didik memperoleh skor N-Gain 0,7472, hasil pengamatan aktivitas 93%, dan hasil angket sikap ilmiah 84,21% dengan kategori masing-masing sangat praktis, tinggi dan sangat efektif. Dengan demikian, LKPD yang dikembangkan dinilai layak digunakan serta efektif untuk meningkatkan sikap ilmiah pada materi fotosintesis.
Kata Kunci: LKPD, laboratorium virtual, sikap ilmiah, fotosintesis
Abstract
Photosynthesis is a material that can be verified so it becomes the right concept to have a practical activities. Based on a survey on class XI MIPA and XII MIPA at SMAN 8 Surabaya, it was found that 89.5% of them had never carried out real practicum activities. One of the factors causing the low of practicum activities is because teachers having difficulties in compiling practicum guides. This causes the scientific attitude of students getting low. Therefore, an alternative form is needed in developing student worksheet based on virtual laboratory to train scientific attitudes as learning media as well as pre-lab facilities for students before starting practicum. This study aims to make LKPD based on virtual laboratory on photosynthetis concepts that is feasible in terms of validity, practicality, and effectiveness to train students' scientific attitudes. This research uses the 4D method (Define, Design, Develop, and Dissaminate) which has been tested on 25 class XII MIPA 7 of SMAN 1 Sampang. The results on validity aspect have 83.33% with the appropriate category, the practicality aspect based on the implementation of the LKPD was 85.58% and the readability was at level 12, and the effectiveness aspect based on student learning outcomes have a N-Gain score of 0.7472, activity observation results have 93%, and scientific attitude questionnaire have 84.21% with each category being very practical, high and very effective. Thus, the developed LKPD is considered feasible and effective for increasing scientific attitudes towards photosynthesis material.
Keywords: student worksheet, virtual laboratory, scientific attitude, Photosynthesis