LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMA NEGERI 2 TRENGGALEK
GUIDANCE AND COUNSELING SERVICES IN SMA NEGERI 2 TRENGGALEK
Konsep bimbingan dan konseling merupakan proses pemberian bantuan yang di berikan kepada siswa secara terus menerus dalam mengatasi diri, sehingga dalam mengatasi kesulitan – kesulitan dalam keudupannya agar tercapai kemandirian dalam pemahaman diri, sehingga siswa sanggup mengarakan dirinya sesuai dengan tuntutan dan keadaan lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat. Dalam observasi pendahuluan menemukan bahwa beberapa siswa di sekolah SMA Negeri 2 Trenggalek bahwa program bimbingan dan konseling disekolah tersebut kurang maksimal dalam pelaksanaannya.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui layanan bimbingan dan konseling yang ada di SMA Negeri 2 Trenggalek yang telah dirumuskan atau di susun oleh guru BK di sekolah tersebut. Metodelogi yang di pakai dalam penulisan ini adalah dengan menggunakan metode deskriptif, sampel penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 2 Trenggalek yang berjumlah 378/10 % = 37,8. Dibulatkan menjadi 38 siswa. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan degan cara 1). Teknik Komunikasi (wawancara), 2). Angket, data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif, setelah menyebarkan angket tentang layanan bimbingan dan konseling. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini, layanan bimbingan dan konseling di SMA Negeri 2 Trenggalek cukup baik, hal ini dapat dilihat dari hasil interprestasi data, yaitu sebanyak 60,79%.
Kata Kunci : Layanan Bimbingan dan Konseling
The concept of guidance and counseling is a process of providing assistance that is given to students continuously in coping with themselves, so that in overcoming difficulties in life in order to achieve independence in self-understanding, so that students are able to direct themselves according to the demands and conditions of the school environment, family and Public. In preliminary observation, it was found that several students at SMA Negeri 2 Trenggalek said that the guidance and counseling program at the school was not optimal in its implementation. The purpose of this study was to find out the guidance and counseling services that exist at SMA Negeri 2 Trenggalek which had been formulated or arranged by the teacher. BK at the school. The methodology used in this paper is descriptive method. The sample of this research is SMA Negeri 2 Trenggalek, which is 378/10% = 37.8. Rounded up to 38 students. The data collection in this study was carried out by means of 1). Communication Techniques (interviews), 2). Questionnaire, research data were analyzed descriptively, after distributing questionnaires about guidance and counseling services. The conclusion from this research is that guidance and counseling services at SMA Negeri 2 Trenggalek are quite good, this can be seen from the results of the interpretation of the data, which is 60.79%.
Keywords: Guidance and Counseling Services