APLIKASI PERMAINAN THE LEGEND OF THERMO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI TERMOKIMIA
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan The Legend of Thermo sebagai media pembelajaran online selama pandemi COVID 19. Penelitian ini menggunakan metode pra eksperimen dengan dengan model One group Pretest – Posttest Design. Sasaran penelitian ini adalah 28 peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Sidayu Gresik. Pretest, posttest serta pemberian angket dilakukan secara daring melalui google forms. Hasil penelitian diperoleh data ketuntasan klasikal pretest sebesar 46% menjadi sebasar 89% saat posttest. Peningkatan hasil belajar peseta didik melalui n-gain score 67.86% berada pada kategori sedang dan 10.71% berada pada kategori tinggi. Uji normalitas nilai pretest dan posttest sebesar 0.173 dan 0.094 lebih besar dari 0.05 sehingga data terdistribusi normal. Hasil uji-t paired sample test didapatkan hasil sig. (2- tailed) sebesar 0,000 dengan taraf signifikan 0,05 maka terdapat perbedaan signifikan nilai pretest dan posttest. Hasil respon peserta didik mendapat presentase sebesar 87.26% berada pada kualifikasi sangat baik. Presentase rata-rata hasil angket motivasi peserta didik sebesar 95.53% berada pada kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa permainan The Legend of Thermo sebagai media pembelajaran memiliki pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik.
The purpose of this study was to determine the effect of The Legend of Thermo games as an online learning media during the Covid 19 pandemic. This study used a pre-experimental method with the One group Pretest - Posttest Design model. The target of this study was 28 students on the second grade of SMA Negeri 1 Sidayu Gresik. Pretest, posttest and questionnaires were conducted online via google forms. The results of the study obtained classical mastery data on pretest by 46% to 89% at posttest. The increase in student learning outcomes through an n-gain score of 67.86% is in the medium category and 10.71% is in the high category. The normality test of the pretest and posttest values was 0.173 and 0.094, greater than 0.05 so the data were normally distributed. Paired sample t-test results obtained sig results. (2- tailed) of 0.000 with a significant level of 0.05, so there is a significant difference in the pretest and posttest values. The results of student responses got a percentage of 87.26% in very good qualifications. The average percentage of student motivation questionnaire results was 95.53% in very good qualifications. Based on the results of the study, it can be concluded that The Legend of Thermo games as a learning media has an effect on student learning outcomes.