ABSTRAK
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER ANGKLUNG DI SDN BANJARAGUNG 1 KABUPATEN MOJOKERTO
Nama Mahasiswa : Siwi Rahajeng Puspitasari
NIM : 15020134015
Prodi/Jurusan : S1 Pendidikan Sendratasik / Sendratasik
Fakultas : Bahasa Dan Seni
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Agus Suwahyono S.Sn., M.Pd
Tahun : 2019
Kata Kunci : Angklung, Implementasi, Pendidikan Karakter
SDN Banjaragung 1 Kabupaten Mojokerto melakukan implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler angklung. Pendidikan karakter di SDN Banjaragung 1 Kabupaten Mojokerto terbentuk melalui materi yang diajarkan dan pembiasaan-pembiasaan yang dilakukan ketika proses pembelajaran ekstrakurikuler angklung berlangsung. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler angklung, 2) Implementasi pendidikan karakter melalui ekstrakurikuler angklung, 3) Hasil implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler angklung di SDN Banjaragung 1 Kabupaten Mojokerto.
Penelitian ini menggunakan teori pembelajaran dari Moedjiono dan Dimyati yaitu ada tujuh komponen dalam pembelajaran dimana satu dengan yang lain saling terintegrasi. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini yaitu pembelajaran ekstrakurikuler angklung di SDN Banjaragung 1 Kabupaten Mojokerto. Sumber data dalam penelitian ini adalah narasumber yakni kepala sekolah dan pelatih serta pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler angklung SDN Banjaragung 1 Kabupaten Mojokerto. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data yang digunakan adalah mengumpulkan data, reduksi data, tahap penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa 1) pembelajaran ekstrakurikuler angklung di SDN Banjaragung 1 Kabupaten Mojokerto dilaksanakan dengan tujuan memberikan kesempatan pada siswa untuk mengekspresikan diri, serta membentuk karakter dan kepribadian siswa melalui kegiatan berkesenian; 2) Implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran ekstrakurikuler angklung di SDN Banjaragung 1 Kabupaten Mojokerto dilaksanakan dengan mengimplementasikan nilai-nilai karakter disiplin, tekun, dan bertanggungjawab; 3) Hasil dari pembelajaran siswa mampu mempraktikkan teknik memainkan angklung, dan memahami materi setelah melalui proses implementasi pendidikan karakter.
ABSTRACT
THE IMPLEMENTATION OF CHARACTER EDUCATION THROUGH ANGKLUNG EXTRACURRICULLAR AT BANJARAGUNG 1 ELEMENTARY SCHOOL MOJOKERTO
Name : Siwi Rahajeng Puspitasari
Student Registration Number : 15020134015
Major : S1 Sendratasik Education
Faculty : Language and Art
Institution : State University of Surabaya
Advisor : Agus Suwahyono S.Sn., M.Pd.
Year : 2019
Key words: Angklung, Implementation, Character education
Banjaragung 1 elementary school in Mojokerto has implemented character education through angklung extracurricular. It is formed through the materials that are being taught and the habits that are done when the learning process of angklung extracurricular. This study has two research questions: 1) Carrying out learning angklung extracurricular, 2)The implementation of character education through angklung extracurricular, 3)The result of implementation character education through angklung extracurricular at Banjaragung elementary school in Mojokerto.
This study used learning theory by Moedjiono and Dimyati that are seven components in learning which is integrated. This study is involved as a descriptive qualitative. The object of this study is learning angklung at Banjaragung elementary school in Mojokerto. The source of the data is the informants consist of the headmaster, coach, and the implementer of learning angklung extracurricular at Banjaragung elementary school in Mojokerto. Data collection technique used is observation, interview, and documentation. Also, the data analysis used in collecting the data, reducing the data, presenting the data, and concluding.
The result of this study and the discussion shows that 1) learning angklung extracurricular at Banjaragung elementary school in Mojokerto was be held because of some purpose such as giving the students opportunity to express themselves and forming character and students’ personality through arts activity; 2) The implementation of character education through learning angklung extracurricular at Banjaragung elementary school in Mojokerto is held by internalizing values such as discipline, diligent, and responsibility; 3) students’ are able to use the technic to play angklung and understand the materials after passing the implementation process of character education.