TINGKAT MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X DALAM PEMBELAJARAN PJOK SMK NEGERI 1 CERME KABUPATEN GRESIK
LEVEL OF LEARNING MOTIVATION OF CLASS X STUDENTS IN PJOK LEARNING NATIONAL VOCATIONAL SCHOOL 1 CERME GRESIK DISTRICT
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat motivasi belajar siswa kelas X dalam pembelajaran PJOK di SMK Negeri 1 Cerme Kabupaten Gresik. Jenis penelitian yaitu kuantitatif menggunakan desain penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 160 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling, yaitu seluruh populasi di jadikan sebagai sampel penelitian. Untuk mengukur data motivasi belajar menggunakan angket motivasi belajar, multistage fitnes tess (MFT) sebagai penunjang adanya indikator kesehatan didalam angket motivasi belajar. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil perhitungan melalui analisis deskriptif kuantitatif menemukan distribusi skor motivasi - sangat besar sebanyak 6% atau 9 siswa, besar sebanyak 23% atau 37 siswa, sedang sebanyak 38% atau 60 siswa, rendah sebanyak 26% atau 41 siswa, dan sangat sedikit sebanyak 8% atau 13 siswa. Dari sini, dapat dilihat bahwa tingkat motivasi di antara para peserta cukup tinggi. Temuan ini dapat membantu para pendidik untuk mengetahui motivasi siswa mereka dan memberikan wawasan baik untuk siswa maupun staf dalam meningkatkan faktor-faktor yang mendorong keberhasilan.
Kata kunci: motivasi, pembelajaran Penjasorkes, siswa SMK kelas X
This research aims to determine the level of learning motivation of class X students in learning PJOK at SMK Negeri 1 Cerme, Gresik Regency. The type of research is quantitative using a descriptive research design. The population in this study was 160 students. The sampling technique uses total sampling, that is, the entire population is used as the research sample. To measure learning motivation data using a learning motivation questionnaire, multistage fitness test (MFT) as a support for the existence of health indicators in the learning motivation questionnaire. The data were analyzed using descriptive analysis. The results of calculations through quantitative descriptive analysis found the distribution of motivation scores - very large at 6% or 9 students, large at 23% or 37 students, medium at 38% or 60 students, low at 26% or 41 students, and very little at 8% or 13 students. From this, it can be seen that the level of motivation among the participants is quite high. These findings can help educators understand their students' motivation and provide insight for both students and staff in improving the factors that drive success.
Keywords: motivation, Physical Education learning, class X vocational school students