ASESMEN PROYEK UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK SMA PADA MATERI HUKUM NEWTON
PROJECT ASSESSMENT TO MEASURE CREATIVE THINKING SKILLS OF HIGH SCHOOL STUDENTS ON NEWTON LAW MATERIAL
Keterampilan berpikir kreatif meliputi kemampuan merancang hipotesis,
kemampuan menentukan pola-pola masalah, mengajukan solusi baru, kemampuan mengemukakan ide yang tidak biasa, kemampuan mengidentifikasi informasi yang hilang dari masalah, kemudian mampu membuat masalah umum menjadi lebih spesifik. Agar tercipta kemampuan berpikir kreatif peserta didik maka diperlukan inovasi dalam pembelajaran yang memungkinkan peserta didik dapat bekerja sama dengan teman sekelasnya dan dapat mengembangkan keterampilan kreatifnya. Pembelajaran berbasis proyek merupakan model pembelajaran yang dapat digunakan untuk memunculkan keterampilan berpikir kreatif. Upaya meningkatkan kualitas pendidikan dapat ditempuh melalui peningkatan kualitas pembelajaran dan kualitas sistem penilaian. Kualitas pembelajaran dapat dilihat dari hasil penilaiannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) kualitas instrumen penilaian kinerja proyek untuk mengukur
keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi hukum newton yang valid (2)
penerapan instrumen penilaian kinerja proyek untuk mengukur keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi hukum newton, dan (3) profil kemampuan berpikir
kreatif peserta didik pada materi hukum newton pada pembelajaran fisika berbasis
instrumen penilaian kinerja proyek. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif.
Deskriptif kuantitatif merupakan penelitian yang dilakukan dengan tujuan
mendeskripsikan, meneliti, dan memaparkan hal yang sedang dipelajari dengan metode apa adanya, selanjutnya untuk dapat mendapatkan kesimpulan menggunakan hasil berupa angka-angka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kevalidan instrumen
penilaian keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada pembelajaran fisika berbasis proyek sangat valid baik secara konstruksi, substansi dan bahasa dengan peresentase 85%. Validitas pada 9 pernyataan indikator keterampilan berpikir kreatif pada instrumen penilaian keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada pembelajaran fisika berbasis proyek roket sederhana valid karena sudah divalidasi oleh para ahli dan sangat layak
untuk diterapkan kepada peserta didik. Kepraktisan instrumen penilaian keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada pembelajaran fisika berbasis proyek roket sederhana termasuk pada kriteria praktis dengan skor 3,5 dari skala maksimum 4. Profil keterampilan berpikir kreatif peserta didik yang telah diukur dengan instrumen penilaian berbasis proyek melalui 4 aspek yaitu fluency, flexibility, originality, elaboration yang menunjukkan proses produk pada tingkatan kreatif .
Kata kunci: Asesmen proyek, Keterampilan berpikir kreatif, Hukum Newton, Roket
sederhana.
Creative thinking skills include the ability to design hypotheses, The ability to define problem patterns, propose new solutions, the ability to come up with unusual ideas, the ability to identify missing information from the problem, then be able to make common problems more specific. In order to create students' creative thinking skills, innovation is needed in learning that allows students to work together with their classmates and can develop their creative skills. Project-based learning is a learning model that can be used to bring up creative thinking skills. Efforts to improve the quality of education can be taken through improving the quality of learning and the quality of the assessment system. The quality of learning can be seen from the results of the assessment. The purpose of this research is to describe (1) the quality of project performance assessment instruments to measure Students' creative thinking skills on valid newton law material (2) Application of project performance assessment instruments to measure students' creative thinking skills in Newton's legal material, and (3) the profile of thinking skills Creative learners on Newton's law material on physics-based learning Project performance assessment instrument. This research method is quantitative descriptive. Quantitative descriptive is research conducted with the aim of Describe, research, and explain what is being studied with the method as it is, then to be able to get conclusions using the results in the form of numbers. The results show that the validity of the instrument Assessment of learners' creative thinking skills on project-based physics learning is very valid both in construction, substance and language with a percentage of 85%. Validity on 9 statements of creative thinking skills indicators on the creative thinking skills assessment instrument of learners in physics learning based on simple rocket projects is valid because it has been validated by experts and is very feasible To be applied to students. The practicality of the student's creative thinking skills assessment instrument on simple rocket-based physics learning is included in practical criteria with a score of 3.5 from a maximum scale of 4. The profile of students' creative thinking skills that have been measured by project-based assessment instruments through 4 aspects, namely fluency, flexibility, originality, elaboration that shows the product process at the creative level.
Keywords: Project assessment, Creative thinking skills, Newton's law, Rocket Simple.