Hubungan Aktivitas Fisik dan Status Gizi terhadap Kebugaran Jasmani Siswa SDN 2 Klepu Kecamatan Sooko Kabupaten Ponorogo di Masa Pandemi Covid-19.
The Relationship of Physical Activity and Nutritional Status to Physical Fitness of Students at SDN 2 Klepu, Sooko District, Ponorogo Regency during the Covid-19 Pandemic.
ABSTRAK
FURQON, FAJAR. 2021. Hubungan Aktivitas Fisik dan Status Gizi terhadap Kebugaran Jasmani Siswa SDN 2 Klepu Kecamatan Sooko Kabupaten Ponorogo di Masa Pandemi Covid-19. Tesis, Program Studi Pendidikan Olahraga, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Dr. Anung Priambodo, M.Psi.T., dan (II) Dr. Advendi Kristiyandaru, M.Pd.
Kata-kata Kunci: Aktivitas Fisik, Status Gizi, Kebugaran jasmani
Penelitian ini bertujuan mengkaji hubungan aktivitas fisik dan status gizi siswa SDN 2 Klepu pada masa pandemi Covid-19. Status gizi dan aktivitas fisik keduanya merupakan faktor penting dalam mencapai derajat kesehatan yang optimal, di masa pandemi ini anak-anak cenderung menghabiskan waktu dengan aktivitas fisik yang minim, serta pola makan yang tidak terkontrol akan berdampak pada kebugaran jasmani.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional multivariat. Tujuan dari penelitian korelasional adalah untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih, dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu, maka jumlah sampel yang digunakan berjumlah 36 siswa terdiri dari 14 siswa kelas IV (empat), 11 siswa kelas V (lima) dan 11 siswa kelas VI (enam). Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket Physical Activity Questionnare Children (PAQ-C), Status Gizi dan Tes Kebugaran Jasmani Indonesia. Teknik analisis data dalam penelitian kuantitatif ini meggunakan metode deskriptif kuantitatif diselaraskan dengan variabel penelitian yang memusatkan pada masalah-masalah aktual dan fenomena yang terjadi pada saat sekarang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara aktivitas fisik dan kebugaran jasmani yang dibuktikan dengan nilai signifikansi p 0,000 >0,05 dan dibuktikan dengan hasil p status gizi dengan kebugaran jasmani dengan nilai kualifikasi 0.000 > 0,05, serta hubungan antara aktivitas fisik dan status gizi terhadap kebugaran jasmani memiliki nilai kualifikasi p sebagai berikut 0.001 > 0,05. Hasil tersebut berarti bahwa aktifitas fisik dan status gizi secara signifikan mempengaruhi tingkat kebugaran jasmani siswa.
ABSTRACT
FURQON, FAJAR. 2021. The Relationship of Physical Activity and Nutritional Status to Physical Fitness of Students at SDN 2 Klepu, Sooko District, Ponorogo Regency during the Covid-19 Pandemic. Thesis, Sports Education Study Program, Postgraduate Program, State University of Surabaya. Supervisor: (I) Dr. Anung Priambodo, M.Psi.T., and (II) Dr. Advendi Kristiyandaru, M.Pd.
Keywords : Physical Activity, Nutritional Status, Physical Fitness
This study aims to examine the relationship between physical activity and nutritional status of SDN 2 Klepu students during the Covid-19 pandemic. Nutritional status and physical activity are both important factors in achieving optimal health, during this pandemic, children tend to spend time with minimal physical activity, and uncontrolled eating patterns will have an impact on physical fitness.
This research uses multivariate correlational research. The purpose of correlational research is to determine the relationship between two or more variables, using purposive sampling technique, namely the technique of determining the sample with certain considerations, then the number of samples used is 36 students consisting of 14 students in class IV (four), 11 students in class V ( five) and 11 students of class VI (six). The research instrument used in this study was the Physical Activity Questionnare Children (PAQ-C) questionnaire, Nutritional Status and Indonesian Physical Fitness Test (TKJI). The data analysis technique in this quantitative study uses quantitative descriptive methods aligned with research variables that focus on actual problems and phenomena that occur at the present time.
The results showed that there was a significant relationship between physical activity and physical fitness as evidenced by a significance value of p 0.000 > 0.05 and evidenced by the results of p nutritional status with physical fitness with qualifications of 0.000 > 0.05, as well as the relationship between physical activity and health status. nutrition on physical fitness has a qualifying p value as follows 0.001 > 0.05. These results mean that physical activity and nutritional status significantly affect the level of physical fitness of students.