RASIONALITAS DEMONSTRASI ORANGTUA TOLAK SISTEM ZONASI DALAM PEMILIHAN SEKOLAH
RATIONALITY OF PARENT DEMONSTRATION REJECT ZONING SYSTEM IN SCHOOL ELECTION
Penolakan terhadap kebijakan seleksi zonasi sekolah pada penerimaan peserta didik baru menimbulkan reaksi yang cukup besar di masyarakat Indonesia. Kebijakan seleksi zonasi yang diterapkan untuk meratakan persebaran fasilitas pendidikan diharapkan dapat memajukan sekolah secara merata dengan menerima siswa baru terdekat tanpa memandang label “pandai” atau “tidak pandai”. Namun aturan tersebut justru memunculkan demonstrasi yang dilakukan oleh orangtua. Tindakan penolakan tersebut dilakukan oleh orangtua baik anaknya telah diterima di sekolah negeri maupun belum mendapatkan kepastian. Penelitian dilaksanakan di Kota Surabaya sebagai kota yang memiliki kebijakan khusus dalam menangani masalah pendidikan, subjek penelitian adalah orangtua peserta demonstrasi tolak sistem zonasi. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi alasan terjadinya demonstrasi, mengidentifikasi karakteristik keluarga dan kondisi objektif keluarga kemudian mengidentifikasi rasionalitas demonstrasi yang dilakukan orangtua. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi untuk menganalisis realitas sosial dari tindakan demonstrasi. Teori yang digunakan untuk mengkaji lebih dalam tindakan demonstrasi menggunakan teori Tindakan Rasionalitas Max Weber. Teori tindakan rasionalitas menjelaskan mengenai motif dari tindakan sosial yang dilakukan oleh individu atau masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua tindakan rasionalitas yang mendasari tindakan demonstrasi yang dilakukan oleh orangtua yaitu tindakan rasionalitas instrumental dan tindakan tradisional. Kesimpulannya, orangtua melakukan kegiatan demonstrasi untuk menghentikan sistem seleksi zonasi sekolah. Keinginan untuk menghentikan sistem seleksi zonasi juga dipengaruhi oleh adanya pemikiran tradisional terkait labelling pada sekolah.
Kata Kunci: Demonstrasi, Rasionalitas, Sekolah, Seleksi Zonasi
The rejection of the school zoning selection policy on the admission of new students has caused quite a big reaction in Indonesian society. The zoning selection policy applied to smooth the distribution of educational facilities is expected to advance schools evenly by accepting the closest new students regardless of the label "intelligent" or "unintelligent". However, these rules actually led to demonstrations conducted by parents. The act of refusal was carried out by parents both their children have been accepted at public schools or have not received certainty. The study was conducted in the city of Surabaya as a city that has a special policy in dealing with educational problems, the research subjects were parents of participants who demonstrated the zoning system. The purpose of this study is to identify the reasons for the demonstration, identify the characteristics of the family and objective conditions of the family and then identify the rationality of the demonstration by the parents. This study uses a qualitative method with a phenomenological approach to analyze the social reality of demonstration actions. The theory used to examine deeper demonstration actions using Max Weber's Rationality Action theory. The theory of action of rationality explains the motives of social actions carried out by individuals or society. The results showed that there are two acts of rationality that underlie the actions of the demonstration carried out by parents, namely acts of instrumental rationality and traditional actions. In conclusion, parents conduct demonstration activities to stop the school zoning selection system. The desire to stop the zoning selection system is also influenced by the existence of traditional thinking related to labeling in schools.
Keyword: Demonstrasions, Rationality, Schools, Zoning Selection