Penelitian
ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran animaker untuk
meningkatkan kemampuan imajinasi sejarah siswa pada materi awal corak kehidupan
manusia purba kelas X-1 di SMA Negeri 1 Sidayu.
Penelitian ini menggunakan pendekatan berupa penelitian pengembangan dengan
menggunakan Research and Development (R&D) serta dalam mengembangkan
produk media pembelajaran ini peneliti menggunakan model ADDIE .
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Sidayu dengan mendapati sampel kelas
X-1 berjumlah 36 siswa dari populasi kelas X di SMA Negeri 1 Sidayu. Dari
penelitian ini mendapati hasil berupa validitas, kepraktisan, dan juga
keefektifan dengan menggunakan angket.
Pada
validasi pertama yakni angket studi pendahuluan mendapati hasil akhir sejumlah
95% dan 81% yang didapat dari guru sejarah pada kelas X. Kemudian pada hasil
validasi kedua yakni berupa validasi media oleh validator ahli media animaker
dengan memperoleh hasil 4,45 untuk validator pertama, 4,55 untuk validator
kedua, 4,41 untuk validator ketiga, dan 3,38 untuk validator keempat. Kemudian
hasil validasi berikutnya berupa hasil dari penggunaan oleh validator ahli
materi dengan hasil 4,41 untuk validator pertama, 4,77 untuk validator kedua,
dan 3,77 untuk validator ketiga.
Pada
hasil kepraktisan peneliti memperoleh hasil akhir pengamatan keaktifan siswa
dengan hasil 4,68 untuk validator pertama, 4,58 untuk validator kedua, dan 4,66
untuk validator ketiga. Kemudian peneliti juga mendapati hasil respon siswa
dengan hasil akhir pada segi tampilan 93%, pada segi pemrograman 92%, dan pada
segi Imajinasi mendapati skor 94%. Kemudian untuk hasil keefektifan media
pembelajaran animaker peneliti mendapati hasil akhir dari ketuntasan siswa
dalam mengerjakan lembar argumentasi siswa dengan hasil akhir sejumlah 100%.
Kata kunci : Media
Pembelajaran, Animaker, Imajinasi Sejarah.