PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TARI TUDHUNG SESANDUR UNTUK PEMBELAJARAN SENI BUDAYA SISWA SMA
DEVELOPMENT OF TUDHUNG SESANDUR DANCE TEACHING MATERIALS FOR HIGH SCHOOL STUDENTS' CULTURE ARTS LEARNING
Khomariah, Dyas Kirana. 2022. Pengembangan Bahan Ajar Tari Tudhung Sesandur untuk Pembelajaran Seni Budaya Siswa SMA. Tesis, Program Studi Pendidikan Seni Budaya, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (1) Dr. Setyo Yanuartutik, M. Si, Pembimbing (2) Dr. I Nengah Mariasa, M.Hum.
Kata Kunci: Penelitian Pengembangan, Bahan Ajar, Tari Tudhung Sesandur, Sandur Bojonegoro, Siswa SMA.
Penelitian pengembangan yang dilakukan ini berangkat dari rumusan permasalahan terkait; (1) bagaimana proses pengembangan bahan ajar, (2) bagaimana kualitas bahan ajar, dan (3) bagaimana keefektifan bahan ajar Tari Tudhung Sesandur. Rumusan tersebut bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar Tari Tudhung Sesandur, kualitas produk bahan ajar Tari Tudhung Sesandur, dan keefektifan bahan ajar Tari Tudhung Sesandur. Berbagai kajian teori digunakan sebagai landasan penelitian pengembangan, terdiri dari kajian yang digunakan pada proses pengembangan, yaitu konsep penyajian Sandur, kurikulum 2013, konsep bahan ajar seni, teori koreografi Alma Hawkins dan perkembangan anak usia remaja. Sementara kajian pada kualitas dan keefektifan bahan ajar berlandaskan pada konsep bahan ajar; tujuan dan tipe, serta konsep media audio visual; format dan karakteristik. Metode yang digunakan dalam penelitian pengembangan adalah model Four-D Thiagarajan yang terdiri dari tahapan Define, Design, Development, Disseminate yang kemudian dikombinasikan dengan metode koreografi Alma Hawkins pada tahap perancangan produk (Design).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan bahan ajar Tari Tudhung Sesandur menggunakan model Four-D, melalui tahap pendifinisian (Define) untuk perancangan (Design) materi tari menggunakan metode koreografi Alma Hawkins yang dikemas melalui video pembelajaran. Rancangan dikembangkan (Developmen) melalui tahap uji validitas dan uji coba produk untuk menentukan kualitas produk bahan ajar. Kualitas bahan ajar dinilai berdasarkan kelayakan produk oleh validator ahli materi dan media, sedangkan kelayakan produk berdasarkan pengguna dinilai oleh guru dan siswa. Hasilnya menunjukkan bahwa kualitas bahan ajar Tari Tudhung Sesandur dari segi materi tari maupun video pembelajarannya rata-rata memperoleh persentase diatas 85%, dengan predikat sangat layak. Kelayakan dan kepraktisan produk bahan ajar dipraktikkan melalui hasil pembelajaran siswa berdasarkan aspek tugas 4, yaitu menampilkan ragam gerak sesuai hitungan dan iringan, dengan nilai persentase 85.87% sangat layak, menunjukkan kesiapan bahan ajar untuk didistribusikan (Disseminate) melalui kanal Youtube. Berdasarkan keseluruhan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa produk bahan ajar Tari Tudhung Sesandur yang dikembangkan berdasarkan interpretasi peneliti terhadap seni tradisi Sandur Bojonegoro menjadi kreasi tari tradisi memenuhi kelayakan dan keefektifan untuk pembelajaran seni budaya siswa SMA di Bojonegoro.
Khomariah, Dyas Kirana. 2022. Development of Tudhung Sesandur Dance Teaching Materials for Art and Culture Learning for High School Students. Thesis, Cultural Arts Education Study Program, Postgraduate Program, State University of Surabaya. Supervisor (1) Dr. Setyo Yanuartutik, M. Si, Advisor (2) Dr. I Nengah Mariasa, M. Hum.
Keywords: Development Research, Teaching Materials, Tudhung Sesandur Dance, Sandur Bojonegoro, High School Students.
This development research was carried out starting from the formulation of related problems; (1) how is the process of developing teaching materials, (2) how is the quality of teaching materials, and (3) how is the effectiveness of teaching materials for Tudhung Sesandur Dance. The formulation aims to describe the process of developing Tudhung Sesandur Dance teaching materials, product quality of Tudhung Sesandur Dance teaching materials, and the effectiveness of Tudhung Sesandur Dance teaching materials. Various theoretical studies are used as the basis for development research, consisting of studies used in the development process, namely the concept of presenting Sandur, the 2013 curriculum, the concept of art teaching materials, Alma Hawkins' theory of choreography and adolescent development. While the study on the quality and effectiveness of teaching materials is based on the concept of teaching materials; purpose and type, as well as the concept of audio-visual media; format and characteristics. The method used in development research is the Four-D Thiagarajan model which consists of the Define, Design, Development, Disseminate stages which are then combined with Alma Hawkins' choreography method at the product design stage (Design).