Strategi Bertanya Guru dalam Mencapai Kompetensi Berbicara Siswa di Kelas Bahasa Inggris
Teachers’ Questioning Strategies in Achieving Students’ Speaking Competence in English Classroom
ABSTRAK
Yasid, Moh. 2020. Strategi Bertanya Guru dalam Mencapai Kompetensi Berbicara Siswa di Kelas Bahasa Inggris. Thesis, Pembimbing: Ahmad Munir, Ph.D., Pratiwi Retnaningdiyah, Ph.D. Universitas Negeri Surabaya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bertanya guru, untuk mengetahui respon siswa terhadap strategi bertanya guru bahasa Inggris yang diberikan dan untuk mengetahui alasan guru mengapa strategi bertanya yang digunakan berbeda dalam proses belajar mengajar.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi aktivitas kelas, rekaman pembicaraan dan wawancara guru. Penelitian mengambil dua subjek partisipan; Ada dua guru bahasa Inggris dari sekolah yang berbeda yang memenuhi pertimbangan mengapa mereka dipilih, seperti mereka telah mengajar selama lebih dari sepuluh tahun pengalaman mengajar dan memiliki latar belakang pendidikan yang baik dengan tingkat sarjana yang sama.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa guru menggunakan strategi bertanya dengan menerapkan beberapa jenis pertanyaan dan menampilkan jenis soal dalam setiap pertemuan pembelajaran. Penggunaan Prompting, mengubah tingkat permintaan kognitif dan memberikan informasi tambahan dalam mengajukan pertanyaan adalah yang dominan. Itu tergantung materi yang ditransfer guru kepada siswa. Jika tidak, jeda dan penyusunan ulang hanya digunakan beberapa kali oleh guru. Guru juga menerapkan strategi lain yaitu mengulang pertanyaan dan menerjemahkan ke dalam bahasa Indonesia atau mencampur soal.
Secara singkat, penelitian ini menunjukkan efek positif dari penggunaan strategi bertanya yang diterapkan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran bahasa Inggris di kelas dan juga meningkatkan respon siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Artinya strategi bertanya guru diterima oleh mereka, baik guru maupun siswa sehingga dapat meningkatkan kompetensi berbicara siswa.
Kata Kunci: Strategi Bertanya, Keterampilan Berbicara, dan Ujaran Guru.
ABSTRACT
Yasid, Moh. 2020. Teachers’ Questioning Strategies in Achieving Students’ Speaking Competence in English Classroom. Master Thesis, Advisors: Ahmad Muni .r, Ph.D., Pratiwi Retnaningdiyah, Ph.D. Surabaya State University.
This study aimed to investigate teachers’ questioning strategies, to know the students’ responses toward English teachers’ questioning strategies given and to know the teachers’ reasons why the questioning strategies used are different in teaching and learning process.
This research used qualitative method. The data were collected and obtained from observation of class activity, the recordings of teachers’ talk and interview. The research took two subjects of participants; there were two different English teachers at different school that fulfilled considerations why the subjects were chosen, such as they had taught for more ten years in teaching experience and had a good educational background with same level of undergraduate degree.
The result of data analysis showed that the teachers used questioning strategies by applying some types of question and performing the type questions in each meeting of teaching. Using prompting, changing level of cognitive demand and providing additional information in asking question are dominant. It depends on the material that teachers transferred to students. Otherwise, pausing and rephrasing are used only few times by teachers. The teacher also applied other strategies, it was repeated the questions, and translated into Bahasa Indonesia or mixed the questions.
Shortly, this research showed the positive effects from the use of questioning strategies which were applied by the teachers in English classroom learning activity and also improved students’ responses in participating the learning process. It means teachers’ questioning strategy are accepted by them, both teachers and students so that it can improve students’ speaking competences.
Keywords: Questioning Strategies, Speaking Skills, and Teachers’ Talk.