Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perbedaan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran group investigation dan problem based learning pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 4 Sidoarjo. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 142 siswa. Jenis sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampel. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol dengan treatment model pembelajaran problem based learning dan kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen dengan treatment model pembelajaran group investigation. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji hipotesis yang dilakukan pada nilai pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil uji t pada taraf signifikasi < 0,05, diperoleh 0,014 < 0,05. Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan hasil penelitian kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran group investigation memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran problem based learning yang ditunjukan dengan nilai rata-rata hasil belajar post-test kelas eksperimen diperoleh sebesar 80,31 dan kelas kontrol diperoleh sebesar 68,67.
Kata Kunci : model problem based learning, model group investigation, hasil belajar.
This study aims to determine and analyze the differences in learning outcomes by using the learning model of group investigation and problem based learning in economic subjects class XI IPS SMA Negeri 4 Sidoarjo. This research is a quasi experimental research. The population in this study amounted to 142 students. The type of sample used in this study was purposive sample. The sample in this study was class XI IPS 2 as a control class with treatment model learning problem based learning and class XI IPS 4 as an experimental class with treatment model learning investigation group. The analysis technique used in this study uses a hypothesis test conducted on thevalues pre-test and post-test. Based on the results of the t test at the significance level <0.05, obtained 0.014 <0.05. Then Ho is rejected and Ha is accepted. So it can be concluded that the results of the experimental class research by applying thelearning model group investigation have higher learning outcomes compared to the control class applying thelearning model problem based learning which is shown by the average value of the post-test learning outcomes of the experimental class obtained at 80.31 and the control class was 68.67.
Keywords: problem based learning model, group investigation learning model, learning outcomes.