PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD DALAM MENGEMBANGKAN LITERASI ANAK USIA DINI DI TPA ANAK MANDIRI SURABAYA
APPLICATION OF FLASHCARD LEARNING MEDIA IN DEVELOPING EARLY CHILDHOOD LITERACY IN ANAK MANDIRI DAYCARE SURABAYA
Alat permainan di TPA Anak Mandiri Surabaya kurang bervariatif dan mengedukasi anak-anak sehingga kemampuan literasi yang ingin dicapai tidak terpenuhi oleh karena itu penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan media pembelajaran flashcard dalam mengembangkan literasi anak usia dini di TPA Anak Mandiri Surabaya.
Pendekatan dalam peneltian ini ialah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kegiatan analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian, menunjukkan bahwa media pembelajaran yang interaktif dan menarik, sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi anak usia dini. Literasi anak usia dini terdiri atas empat indikator yakni kemampuan menyimak, kemampuan berbicara, kemampuan membaca, dan kemampuan menulis. Anak usia 2 tahun terlihat dominan hasil literasinya dalam kemampuan menyimak dan kemampuan berbicara Kemampuan membaca dan kemampuan menulis untuk anak usia 2 tahun membutuhkan bimbingan. Anak usia 3 tahun dan 4 tahun terlihat dominan terhadap semua kemampuan yaitu kemampuan menyimak, kemampuan berbicara, kemampuan membaca, kemampuan menulis. Simpulan, penerapan media pembelajaran flash card dapat mengembangkan kemampuan literasi anak usia dini.
Kata Kunci : Media Flashcard, Literasi Anak Usia Dini, TPA
The toy at Anak Mandiri Daycare Surabaya are less varied and educate children so that the literacy skills to be achieved are not fulfilled, therefore this study aims to determine the application of flashcard learning media in developing early childhood literacy at Anak Mandiri Daycare Surabaya.
The approach in this research is qualitative description. Data collection was done by interview, observation, and documentation. Data analysis activities carried out in this study were data collection, data reduction, data presentation, and conclusions.
The results of the study indicate that the learning media is interactive and interesting, so it can be used to improve the literacy skills of early childhood. Early childhood literacy consists of four indicators, namely listening ability, speaking ability, reading ability, and writing ability. Children aged 2 years are dominant in their literacy results in seeing and speaking skills, reading abilities and writing skills for children aged 2 years needing guidance. Children aged 3 years and 4 years seem dominant in all abilities, namely listening skills, speaking skills, reading skills, and writing skills. In conclusion, the application of flash card learning media can develop early childhood literacy skills.
Keywords : Flashcard Media, Early Childhood Literacy, Daycare